BBM Lintas Platform Ungguli WhatsApp

KURANG KOMPLIT: BBM litas platform saat ini masih diminati, namun aplikasi ini sejatinya masih butuh pembenahan.

MALANG – Meski baru tersedia secara resmi sejak pertengahan Oktober lalu, aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) di platform Android dan iOS, cukup banyak diminati. Itu terbukti, lebih dari 50 juta pengguna android dan iOS mengunduh aplikasi ini dan menggunakannya.  
Bahkan, market Google Play Store, masih mencatat aplikasi ini sebagai aplikasi favorit, dan banyak diunduh. Bahkan posisinya hingga saat ini masih berada di urutan teratas untuk aplikasi chatting, mengalahkan WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya.
Aplikasi ini pun menjadi aplikasi populer tahun 2013 ini. Terlebih seiring waktu, aplikasi ini juga terus diunduh pengguna Android serta iOS. Termasuk para vendor, tidak segan-segan menuliskan perangkatnya sudah ready BBM, sebagai daya tarik untuk penjualan. Salah satunya digunakan oleh Samsung. Hampir setiap demo live perangkat ini disertai tulisan yang menerangkan unit tersebut sudah siap BBM.
“Aplikasi BBM memang masih diminati. Dan itu terbukti, banyak vendor yang sudah menerapkan aplikasi ini dalam device barunya. Sementara itu untuk ponsel second hampir rata-rata telah terinstal aplikasi BBM,’’ kata Pemilik Rolland Cell, Andik Siswanto kepada Malang Post kemarin.
Sekalipun hadir dengan gaya yang menakjubkan, namun Andik mengatakan masih banyak kekurangan pada aplikasi ini. Diantarannya adalah ringtone. Pengguna BBM Android belum bisa membedakan ringtone untuk BBM personal dengan BBM Grup. Selain itu, BBM Android juga tidak menyediakan fitur menghapus foto yang terpasang di grup.
“Sampai saat ini BBM Android masih versi pertama belum ada pembaharuan. Namun jika kondisinya tidak berubah bisa dipastikan pengguna BBM akan beralih pada aplikasi lainnya, yang sudah memiliki fitur lebih lengkap,’’ tambah Andik.
Seperti diketahui ketika BBM kali pertama diluncurkan, sudah diunduh 10 juta orang dalam waktu kurang 24 jam. Pihak BBM sendiri mendistribusikan aplikasi ini secara acak, dengan alasan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang besar ke server BlackBerry. Itu sebabnya, saat kali pertama mengunduh aplikasi ini, pengguna diwajibkan untuk mengantre.
Aplikasi BBM lintas platform bisa digunakan secara gratis pada Android 4.0 ke atas dan iPhone dengan iOS versi 6 ke atas. Pengguna iPhone dan Android dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.
“Kalau fitur lainnya hampir sama seperti fitur yang tertera pada handset BlackBerry. Kita bisa mengirim pesan teks dengan special hurup D serta R,  foto, atau voice note. Serta membuat grup seperti pada perangkat BlackBerry. Kekurangannya hanya itu saja, foto di grup belum bisa dihapus, dan ringtonenya masih satu untuk semua aktifitas BlackBerry,’’ tandas Andik.(vik/fia)