Windows Phone 8, Komputer Dalam Ponsel

MALANG – Tahun 2013 Microsoft juga secara resmi melaunching Windows  Phone 8. Platform inipun secara resmi ditanamkan pada ponsel Nokia seri Lumia. Diantara seri Lumia yang mendukung platform ini adalah, 620, Lumia 720, Lumia 520, Lumia 925, Luma 625 dan Lumia 1020.
Secara tampilan, platform Windows Phone 8 ini berbeda dengan versi sebelumnya.  Menurut informasi, kehadiran Windows Phone 8 ini tidak sekadar OS smartphone untuk menjalankan aplikasi mobile. Tapi lebih dari ini, Windows Phone 8 diharapkan dapat menggantikan fungsi komputer desktop sementara.
“Ada banyak kelebihan pada operating sistem Windows Phone 8. Diantaranya,  resolusi layar yang bisa disetting. Ada tiga pilihan untuk settingan layar pada ponsel dengan OS Windows Phone 8. Yaitu WVGA (800×480 pixel), WXVGA (1280×768 pixel) dan True 720p (1280×720 pixel),’’ kata Team Leader Erafone, Arie Kurnianto kepada Malang Post.
Bukan itu saja, dengan Lumia berbasis Windows Phone 8, Nokia juga menghadirkan Internet Eksplorer (IE) 10 untuk melenggang di dunia maya. “IE yang biasanya hadir di komputer ada di genggaman tangan dengan Lumia. Tapi yang jelas versinya tetap versi mobile,’’ tambah pria asal Surabaya ini.

Dukungan memory eksternal juga hadir melengkapi kelebihan Lumia dengan Windows  Phone 8. Karena pada versi sebelumnya, Nokia tidak pernah memberikan dukungan tersebut. Sehingga pengguna tidak bisa banyak menyimpan file di ponselnya.
Selain itu dengan Windows Phone 8, Nokia juga menghadirkan user interface yang berbeda dengan versi sebelumnya. Tampilan khas bergaya kotak-kotak mirip bentuk lantai berubah total. Dari yang hanya 2 kolom sekarang dapat menampung empat kolom. Itupun bisa dirubah sesuai keinginan pengguna. Tampilannya terlihat lebih hidup karena ikon tersebut dapat bergerak layaknya animasi.

“Nokia dengan Operating Sistem Windows Phone 8 telah didukung dengan NFC. Namun begitu, di sini fitur NFC belum maksimal, karena jaringan yang belum memadai,’’ tambahnya.
Dan paling membuat ponsel berbasis windows phone 8  berbeda adalah adanya Nokia Maps. Dengan Nokia Maps, pengguna tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan arah. Bahkan, banyak fitur canggih dalam Nokia Maps, karena pengguna akan mengetahui banyak hal disekitarnya. “Di Lumia berbasis Windows Phone 8 sudah dilengkapi dengan Skype. Sebelumnya aplikasi ini menjadi aplikasi eksternal, tapi di Windows Phone 8, Skype merupakan aplikasi bawaan yang diintegrasikan dengan Voice Over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan video call langsung,’’ urainya. (vik/fia)