Android Berjaya Sepanjang Tahun

DIBANDINGKAN dengan iOS atau Windows Phone, handset berbasis Android lebih banyak diminati. Lantaran itu juga banyak vendor baik lokal maupun global menciptakan handset dengan platform ciptaan google tersebut. Namun dari sekian banyak ponsel dengan platform Android, Samsung  tetap menjadi jawaranya. Seperti tahun 2012 lalu, pabrikan asal Korea Selatan ini tidak sekadar menciptakan banyak ponsel atau tablet, tapi juga merajai dalam segi penjualan.
Awal tahun 2013 lalu, Samsung mengawalinya dengan mengenalkan Samsung Galaxy S3 mini. Sekalipun kehadirannya mengadopsi  sang kakak yaitu Samsung Galaxy S3, tapi faktanya ponsel yang hadir dengan tiga pilihan warna ini cukup diminati. Salah satu faktornya karena ponsel ini hadir dengan gaya elegan, tipis, mengusung platform Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich harganya relatif terjangkau, atau setidaknya jauh lebih murah dibandingkan dengan sang kakak, yaitu Galaxy S3.
Sebetulnya, saat itu beberapa vendor juga menelurkan berbagai produk baru. Seperti Sony yang mengenalkan Xperia E, dan LG yang mengenalkan ponsel L seriesnya. Tapi begitu, S3 mini yang menyasar segmen menengah tetap banyak diburu. Samsung S3 mini memang bukan satu-satunya produk yang diburu, tapi hampir semua ponsel  besutan Samsung menarik minat konsumen. Beberapa orang mengatakan, Samsung memiliki handset dengan tampilan interface yang sederhana. Alias, pengguna tidak perlu repot untuk beraktifitas dengan handset. Kedua, Samsung selalu berusaha memberikan sesuatu yang lebih pada produk barunya. Tidak hanya desain yang berubah, tapi software yang mendukung pun berbeda. Beberapa aplikasi andalan pun tetap terpasang, sekalipun pada ponsel yang dibanderol dengan harga murah.
Seperti Samsung Galaxy Chat, ponsel ini selain mendukung platform Android, juga didukung dengan aplikasi bawaan Samsung yaitu salah satunya aplikasi ChatON. Aplikasi ChatON ini merupakan aplikasi perpesanan, dimana penggunakan bisa bertukar pesan singkat gratis. Meskipun posisinya kalah dengan aplikasi pesan singkat lainnya, tapi yang jelas aplikasi ini cukup banyak peminatnya.
Sementara untuk ponsel menengah, Samsung mengenalkan beberapa aplikasi bawaannya yaitu S Healt, S Planer, S Memo, S Voice, ataupun S Translator. Semua aplikasi bawaan itu berjalan dan dapat dimanfaatkan penggunanya dengan baik. Namun begitu, untuk mengkoneksikannya, tentu dibutuhkan layanan data yang cukup.
Selain itu, Samsung menjadi juara penjualan, lantaran memiliki strategi pemasaran. Dari pantauan Malang Post, Samsung memang cukup all out. Mereka tidak sekedar memasang tenaga Samsung Experience Consultant (SEC), tapi perusahaan yang sebelumnya jaya pada produk elektornik ini juga mendekorasi outlet penjualan ponsel dengan berbagai poster Samsung. Bahkan, Samsung juga tidak segan-segan memasang banner atau papan nama dengan logo Samsung di bawah atau di tengahnya. Bukan itu saja, promo penjualan juga kerap digelar, sebagai upaya menarik minat. Selama satu tahun ini sedikitnya ada empat event promo yang digelar. Mulai dari cash back, memberikan merchandise atau yang saat ini sedang berlangsung yaitu Promo Kejutan Akhir Tahun  Samsung Galaxy. Adanya promo ini cukup memberikan peningkatan yang signifikan dalam hal penjualan produk.
Selain produk Samsung yang menjadi jawara penjualan, beberapa hal yang terjadi tahun 2013 di dunia gadget adalah, keputusan BlackBerry meluncurkan aplikasi BlackBerry Messenger lintas platform. Agustus lalu, BlackBerry untuk kali pertamanya merilis secara resmi aplikasi BBM dapat diunduh di ponsel berbasis Android ataupun iOS. Tapi begitu, keberadaan aplikasi ini di market Google Play Store atau App Stroe hanya bertahan sehari. BlackBerry kemudian mencabut aplikasi tersebut dipenyedia layanan aplikasi Android ataupun iOS.
Baru Oktober lalu, BlackBerry secara resmi mengumumkan BBM lintas Platform ini secara resmi. Dan hingga saat ini pengguna android pun bisa menikmati aplikasi pesan singkat dengan keistimewaan huruf  D dan R tersebut. Selain itu tahun 2013 ini, BlackBerry juga mengenalkan ponsel dengan OS BlackBerry 10. Ada empat tipe BlackBerry yang dikenalkan dengan menggunakan OS BlackBerry 10. Yaitu BlackBerry Z10, BlackBerry Q10, BlackBerry Q5 dan BlackBerry Z30. Sementara dikelas entry level, BlackBerry juga mengenalkan ponsel BlackBerry 9720 Samoa, yang menggunakan OS BlackBerry versi 7.2.
Tahun 2013 juga menjadi tahun bersejarah bagi Apple. Perusahaan asal California ini memutuskan melaunching dua hanset terbarunya yaitu iPhone 5s dan iPhone 5C, Agustus 2013 lalu. Tak pelak, kehadirannya pun menjadi buruan para pecinta gadget.
Tapi yang tidak kalah menarik, tahun 2013 ini pasar gadget juga dikejutkan dengan hadirnya pendatang baru OPPO. Pabrikan asal Cina yang sebelumnya bergerak sebagai perusahaan pencipta OHP mencari peruntungan dengan menciptakan ponsel. OPPO pun memilih platform Android untuk ponsel pintarnya itu.
Tidak seperti produk lokal pada umumnya yang menyasar entry level, OPPO justru menciptakan produk dengan segmen menengah ke atas. Ponsel paling keren besutan OPPO adalah N1. Karena ponsel ini memiliki identitas yaitu kamera putar serta remote controle, serta touch screen pada bagian depan dan belakang.(ira ravika)