Nokia Android di Cancel?

BEBERAPA waktu terakhir santer tersiar kabar mengenai detil dari perangkat Nokia yang dijalankan dengan sistem operasi Android. Namun, perusahaan asal Finlandia tersebut sejatinya sudah dibeli oleh Microsoft yang notabene sebagai produsen OS Windows Phone, lalu bagaimana jadinya dengan ponsel Nokia Android?
Perusahaan piranti lunak asal Redmond itu sendiri terus mempromosikan sistem operasi besutannya pada vendor-vendor lain di luar Nokia. Sebut saja Samsung, HTC, Huawei, dan XOLO yang sudah dipersuasi oleh Microsoft agar mau menggunakan sistem operasi Windows Phone untuk perangkatnya. Bahkan, Microsoft juga terus mengkampanyekan ejekan untuk Google yang disebut Scroogled untuk menjatuhkan produk-produk Google.
Namun Nokia sendiri, yang notabene perusahaan akuisisi Microsoft, malah membuat perangkat berbasis Android dari Google. Laporan dari Ubergizmo, Kamis (2/1/2014), mengatakan ada kemungkinan Nokia Android batal rilis dikarenakan kuasa Microsoft yang telah membelinya. Namun demikian, sebuah akun Twitter bernama @evleaks yang kerap membocorkan rahasia peluncuran produk baru membantah hal tersebut. Akun @evleaks menulis, "The reports of Normandy's death have been greatly exaggerated." Laporan tentang kematian Normandy terlalu dibesar-besarkan, begitu kata @evleaks.
Memang hal ini bukanlah konfirmasi resmi yang bisa memastikan peluncuran Nokia Normandy benar-benar terjadi. Tapi track-record @evleaks sendiri patut diperhitungkan yang mana selalu terbukti benar dalam hal membocorkan informasi peluncuran suatu produk. Tapi hingga saat ini, Nokia sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun tentang keberadaan foto perangkat Nokia Android yang bocor di dunia maya.(ozn/fia)