Laptop dan Tablet Dalam Satu Perangkat

Lenovo Ideapad Yoga 13
MALANG – Lenovo menjadi salah brand baru di pasar smartphone yang langsung moncer di tahun 2013 lalu. Tak hanya populer di ponsel pintar, Lenovo juga masih bertaring di segmen komputasi. Salah satu produk andalan Lenovo yang cukup populer adalah IdeaPad Yoga 13. Pada varian ini, Lenovo mengusung konsep gadget 2 in 1. Sesuai dengan konsepnya, maka Ideapada Yoga memiliki dua fungsi dalan satu perangkat yaitu notebook dan tablet. Perangkat yang dikenalkan pada pertengahan tahun lalu ini dilengkapi engsel yang mampu berputar 360 derajat.
 “Engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat, membuat perangkat ini memiliki banyak fungsi. Bisa menjadi notebook, atau bisa menjadi tablet. Fungsi keyboard seketika mati ketika layar diputar 360 derajat,’’ kata Promotor Lenovo Yarendra Sunjaya.
Saat berfungsi sebagai tablet, pengguna akan beraktifitas di atas layar 13 inci. Layar LCD yang ditanam menghadirkan sudut pandang cukup luas, ditambah dengan teknologi capasitive, pengguna tidak perlu repot menekan layar. Pengguna hanya perlu menempelkan jari, kemudian menggesernya baik ke kanan atau ke kiri sesuai keinginan.
“Engselnya telah diuji hingga 25.000 kali, dan pihak Lenovo juga memberikan garansi hingga 2 tahun, untuk engsel tersebut.
Secara fisik, Lenovo IdeaPad Yoga 13 ini memang cukup menarik. Tidak hanya hadir dengan multi mode, tapi fisiknya juga sangat keren. Mengusung layar 13 inci, tablet ini cukup tipis. Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki ketebalan hanya 16.9 mm.
“Karena tipis, perangkat ini juga tidak terlalu berat, hanya sekitar 1.54 kg saja. Sehingga saat pengguna memiliki mobilitas tinggi sama sekali tidak membebani,’’ kata Yendra. Selain itu secara fisik, Lenovo IdeaPad Yoga 13S ini juga hadir dengan warna ceria. Sehingga selain elegan, perangkat ini juga tetap terlihat gaul.
Tidak hanya fisiknya saja yang oke, Yendra juga perangkat mampu bekerja keras. Itu karena karena Yoga 13S ini dibekali dengan sistem operasi Windows 8. “fleksibilitas tinggi antara bekerja dan bermain tanpa kompromi. Karena prosesor yang dibenamkan adalah generasi ketiga Intel Core i7 3517U,’’ tambahnya.  Kekuatan prosesor itu dikombinasikan dengan memori DDR3 4GB, kapasitas simpan SSD 128 GB, dan kartu grafik Intel HD 4000.  Pengguna pun tidak perlu khawatir akan dayanya, karena perangkat ini dibekali dengan baterai yang bertahan hingga 8 jam. Sedangkan media penyimpanan data solid-state drive (SSD) 128GB
“Sebetulnya perangkat ini hadir dua versi untuk prosesornya. Yaitu model prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7. Harganya selisih Rp 1 juta. Yaitu Rp 11,9 juta untuk IdeaPad Yoga 13S dengan prosesor Intel Core i5 dan Yoga 13S dengan prosesor Intel Core i7 dibanderol dengan harga Rp 12.9 juta,’’ urainya.
Dia juga menjelaskan secara keseluruhan Lenovo IdeaPad Yoga 13S ini menggunakan speaker berlabel Dolby Home Theatre. Selain itu juga koneksivitasnya tersedia 2 port USB, HDMI, jack audio 3,5mm, serta konektivitas nirkabel Bluetooth dan WiFi. (vik/fia)