Andromax G, Penerus Andromax C

MALANG – Sebagai operator CDMA yang mengandalkan kualitas jarigan data, Smartfren cukup gencar menelurkan paket-paket bundling smartphone. Dan itu terbukti, dengan terciptanya produk Andromax G. Perangkat baru ini dikenalkan Smartfren pertengahan Desember lalu, namun kehadirannya di Malang baru ada sejak kemarin. Produk ini diyakini akan laris manis pada awal tahun ini. Bahkan posisinya akan secara otomatis menggeser Andromax C yang lebih dulu dikenalkan Smartfren kepada masyarakat.  
Regional Head Manager PT Semeru Telecom, distributor produk Smartfren, Agus Priyono menjelaskan, Andromax G merupakan perangkat mobile yang diciptakan untuk segmen menengah ke bawah.
“Jika pertengahan tahun lalu kami mengenalkan, Andromax C sekarang kami mengenalkan Andromax G. Kelasnya sama, tapi spesifikasinya berbeda,’’ katanya kemarin.
Agus menjelaskan, secara fisik Andromax C dan Andromax G sama-sama dibekali dengan layar jenis IPS 4 inci.  Layar keduanya mendukung resolusi 480  x 800 piksel. Namun begitu tampilan layar Andromax G diyakini lebih tajam, lantaran dilengkapi dengan teknologi OCA dan didukung dengan 16 juta warna.
Selain tampilan layar yang berbeda, dapur pacu keduanya juga berbeda. Agus menjelaskan, kinerja Andromax G ini diyakini lebih cepat. Itu karena Andromax G ini didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Dual Core berkecepatan 1,2 GHz. Sementara untuk Andromax C,  Smartfren memberikan dukungan prosesor Qualcomm MSM8625 Dual Core kecepatan 1GHz ARMv7. Sedangkan untuk kemampuan grafisnya, keduanya tidak berbeda. Yaitu sama-sama didukung dengan GPU Adreno 203 untuk grafisnya.
Lantaran didukung dengan kinerja berbeda, operating sistem keduanya pun berbeda. Andromax G didukung dengan operating sistem Android versi 4.2 Jelly Bean. Sedangkan Andromax C didukung dengan operating sistem Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich.
“OS Android 4.0 pada Andromax C bisa diupgrade hingga Jelly Bean. Tidak perlu khawatir dengan kinerjanya, prosesor yang ditanam dengan dukungan RAM 512 masih mampu menjalankan semua aplikasi android Jelly Bean dengan lancar alias tidak lelet,’’ tambah pria yang memiliki kantor di Jalan Bondowoso ini.
Selain itu, Smartfren juga memberikan dukungan dua kamera pada Andromax G. Masing-masing 3.2 megapiksel untuk kamera utama dan 1.3 megapiksel untuk kamera keduanya. Sedangkan untuk Andromax C, Smartfren hanya melengkapinya dengan satu kamera utama saja, dengan kekuatan lensa 2 megapiksel.
“Untuk fitur dan spesifikasi lainnya, sama. Andromax G dan Andromax C sama-sama ponsel Dual ON CDMA+GSM. Keduanya juga mendukung A-GPS yang bisa digunakan pengguna sebagai alat penunjuk arah,’’ tandas Agus yang mengatakan Andromax G dibanderol dengan harga Rp 949 ribu sedangkan Andromax C dibanderol dengan harga Rp 725 ribu.(vik/fia)