6tag, Pengganti Instagram di Windows Phone

MALANG – Instagram merupakan aplikasi yang cukup digemari. Bahkan tahun 2013, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi social media  yang banyak diunduh pengguna smartphone. Namun begitu, aplikasi ini hanya ada di platform Android dan iOS saja. Sedangkan di platform Windows Phone aplikasi ini hanya muncul versi beta. Hal inilah yang kemudian membuat pengguna Windows Phone mencari alternatif lain. Yaitu dengan mengisi ponsel pintarnya dengan aplikasi 6tag.
Elisa salah satu pengguna aplikasi ini menjelaskan, 6tag merupakan aplikasi yang mampu menghadirkan kinerja dan fitur yang diberikan Instagram. Kelebihan pada aplikasi ini adalah, pengguna Windows Phone bisa menyimpan foto dan memutar video, seperti aplikasi Instagram yang ada pada platform Android atau iOS.
“Pada versi beta, aplikasi Instagram  yang ada pada ponsel kami (Windows Phone) tidak bisa menyimpan foto atau memutar video. Tapi dengan aplikasi 6tag ini, kami sudah bisa menyimpan foto dan video,’’ kata gadis yang memegang Nokia Lumia 620 ini.
Sebetulnya Elisa sendiri mengaku mengetahui, jika tidak lama lagi Instagram akan muncul versi resminya di Windows Phone. Namun begitu, dirinya tidak menyesal. Itu karena aplikasi 6tag sudah mewakili semuanya.
“Sudah ada beberapa pembaharuan. Banyak fitur baru ditawarkan juga, jadi lebih baik mempertahankan aplikasi ini saja, apalagi aplikasi ini merupakan pengembangan dari Microsoft sendiri, yang sudah pasti lebih keren dan lebih bagus tampilannya,’’ urainya sembari mengatakan dalam pembaharuan tersebut 6tag menambahkan fitur Instagram Direct, fitur private sharing baru untuk Instagram, serta beberapa fungsi yang sedikit mengikuti fitur dari Snapchat.
Instagram Direct sendiri dijelaskan Elisa hanyalah salah satu bagian dari grup pribadi di Instagram. Fitur ini bekerja layaknya fitur tag dan komentar, tapi bedanya bukan untuk konsumsi publik, atau hanya bisa dibagi dengan grup kecil atau satu orang saja. Elisa juga mengatakan, pada pembaharuan ini, aplikasi 6tag juga menawarkan User Interface yang lebih baik. (vik/fia)