Z30, BlackBerry dengan Sentuhan Android

MALANG – Beberapa waktu lalu BlackBerry mengenalkan perangkat terbarunya yaitu BlackBerry Z30. Perangkat ini tidak hanya memiliki fitur yang lengkap, tapi juga berjalan dengan operating sistem (OS) terbaru yaitu 10.2. OS terbaru.
OS terbaru ini tidak sekadar mampu menjalankan berbagai aplikasi BlackBerry yang terdapat di BlackBerry World. Namun juga mampu menjalankan sebagian aplikasi Android. Itu seiring dengan adanya Google Play Store pada ponsel ini. Seperti diketahui, Google Play Store merupakan wadah atau penyedia layanan aplikasi Android, yang terdapat pada ponsel atau tablet berbasis Android.
“Pengguna bisa mendownload aplikasi melalui Google Play Store, jika tidak menemukan aplikasi yang diinginkan pada BlackBerry World,’’ kata Eka Gunawan, salah satu pengguna BlackBerry Z30.
Eka mengatakan. tentu ada perbedaan tampilan saat aplikasi Android tersebut di download melalui BlackBerry Z30. Hal itu cukup wajar, lantaran pembuat aplikasi tentunya menyesuaikan OS yang masing-masing perangkat.
“Tampilannya lebih sederhana untuk aplikasi Android pada Z30. Karena tidak satu file penuh dapat didownload. Contohnya saja game Android, saat didownload melalui BlackBerry Z30 hanya bisa untuk game versi trial, sedangkan untuk versi yang penuh tetap berbayar,’’ katanya.
Meskipun begitu Eka mengaku cukup puas. Dia yang sebelumnya menggunakan ponsel berbasis Android sama sekali tidak menyesal, lantaran ponsel barunya ini mampu menjalankan dua OS sekaligus.
“Kalau kinerjanya hampir sama dengan android. Apalagi Z30 ini sudah berjalan pada jaringan 4G LTE, dan tidak lagi menggunakan paket data BlackBerry, melainkan paket data. Sehingga saat kita ingin berselancar ke dunia android tinggal download saja,’’ urainya.
Bukan itu saja, Eka juga mengatakan kepuasannya menggunakan BlackBerry Z30 adalah layarnya. BlackBerry Z30 ini dibekali dengan jenis layar  berteknologi tinggi Super AMOLED, yang mampu menampilkan gambar jernih, dengan kualitas yang tajam. Ditambah dengan teknologi capacitive touchscreen, membuat Eka merasa nyaman saat bersentuhan dengan perangkatnya. Ditambah dengan perlindungan Gorilla Glass 3, mampu melindungi layar dengan berbagai goresan kecil.
“Banyak yang mengatakan BlackBerry Z30 ini hadir dengan kondisi sangat tebal. Tapi saya pribadi mengatakan ketebalan ini cukup seimbang dengan desainnya yang cukup jumbo. Sehingga ponsel ini terlihat sangat kokoh,’’ urainya.
Yang membuat dirinya lebih puas, adalah head set urban pada paket penjualan ponsel premium ini. Head Set tersebut diterima gratis dalam paket penjualan Z30. “Kalau dijual eceran head set ini seharga Rp 1 juta. Dan ini membuat BlackBerry Z30 banyak diminati, selain fitur dan spesifikasinya yang sudah sangat mumpuni,’’ tandasnya.(vik/fia)