Layar Jernih Berkat LED AMOLED

HEMAT DAYA : Layar LED AMOLED mampu menghasilkan kualitas gambar tajam, namun konsumsi dayanya diklaim rendah.

MALANG – Nokia tidak sekadar hadir dengan kamera super canggih pada ponsel seri Lumia 925. Tapi pabrikan asal Finlandia ini juga didukung dengan layar LED Super AMOLED. Alhasil, tampilan layar tidak hanya jernih dengan warna yang tajam, tapi juga mampu memancarkan resolusi tinggi yaitu  1280 x 768 piksel, dengan konsumsi daya yang rendah.
“Ini merupakan ponsel pertama seri Lumia yang menggunakan LED AMOLED, sebelumnya Nokia hanya menanamkan layar LCD AMOLED,’’ kata Promotor Nokia, Wahyu Swasono kepada Malang Post kemarin.
Dengan ditanamnya LED AMOLED ini, tampilan Lumia 925 pun bak televisi yang mendukung tampilan HD. “Paduan layar LED AMOLED seluas 4.5 inci ini akan memberikan kepuasan kepada pengguna saat bermain game, menonton video ataupun melihat hasil foto. Warnanya sangat tajam,’’ katanya lagi. Pengguna juga tidak perlu khawatir kehabisan baterai sekalipun menonton video dalam waktu yang lama, lantaran layar LED dengan teknologi AMOLED mampu meminimalisir penggunaan daya baterai.
Ditambah dengan perlindungan Gorilla Glass, layar Lumia 925 tidak hanya apik saat menampilkan gambar tapi juga tangguh dengan berbagai goresan. “Menggunakan Lumia 925, pengguna tidak perlu membeli screen guard, karena layarnya sudah sangat tangguh untuk berbagai goresan benda apapun,’’ kata pria asal Jombang ini.
Tidak hanya layarnya yang berbeda. Nokia juga mendesain Lumia 925 berbeda dengan ponsel seri Lumia lainnya. Sentuhan bahan polycarbonate diperkuat dengan aluminium. Dampaknya, ponsel seharga Rp 5 jutaan ini tidak hanya tampil elegan, tapi juga lebih ringan dibandingkan dengan ponsel seri Lumia pada umumnya.
“Tidak hanya layarnya yang bebas goresan, bahan polycarbonate yang membalut ponsel ini juga dikemas tahan goresan,’’ urainya.
Sementara kelebihan lainnya, dikatakan pria yang memiliki wilayah tugas di Pertokoan Tiga Putra ini adalah adanya dukungan jaringan 4G LTE, yang akan memberikan kecepatan dalam berselancar internet. Selain itu, pengguna juga mendapat kebebasan untuk mendownload lagi melalui Nokia Musik. Menurut Wahyu ada 16 juta lagu original yang bisa didownload. Lagu-lagu tersebut dapat dikelompokkan menurut suasana hati pengguna.
“Contohnya suasana hati pengguna sedang gundah, dan ingin mendengarkan lagu-lagu dengan irama mellow,  bisa. Pengguna hanya perlu mengelompokkan lagu mellow pada satu mix, dan mendengarkannya tanpa ada jeda iklan satupun,’’ katanya lagi. Namun begitu, sekalipun bebas mendownload, pengguna tidak bisa mengeshare lagu-lagu tersebut kepada siapapun, mengingat lagu yang didownload tersebut merupakan lagu original.
Sedangkan pada sisi kameranya, Nokia Lumia 925 tidak berbeda dengan Nokia Lumia 920. Keduanya mendukung lensa PureView berkekuatan 8,7 megapiksel. Lensa yang ditanam adalah lensa Carl Zeiss.
Agar performa kamera Nokia makin optimal, Nokia menanamkan teknologi tambahan pada sisi kamera Lumia 925 ini, yaitu Optical Image Stabilizer. Teknologi tersebut akan mampu meredam guncangan, saat digunakan memfoto. Sehingga foto pun akan terlihat sangat bagus, dan tidak blur. Selain itu, Nokia juga menanamkan berbagai aplikasi lain pada Lumia 925. Diantaranya Nokia Smart Camera. Aplikasi ini menghasilkan beberapa mode pengambilan gambar, diantarannya Burst Mode (mengambil 10 foto sekaligus), There's Best Shot (mencari gambar terbaik), Action Shot (mengambil beberapa gambar sekaligus untuk membuat gambar stop-motion), dan Motion Focus (memberikan blur ke obyek gambar yang tidak bergerak).(vik/fia)