Prosumer Berbekal Zoom 30x

MALANG – Sebagai pabrikan kamera terkenal Nikon, tidak hanya berkutat pada kamera saku atau kamera DSLR. Itu terbukti, setahun kemarin Nikon cukup getol dengan menciptakan kamera jenis prosumer, yaitu Coolpix L820.
Coolpix L820, merupakan salah satu kamera jenis prosumer ciptaan Nikon. Kamera ini dikenalkan hampir bersamaan dengan seri Coolpix P520. Namun begitu, spesifikasi dan fitur keduanya jelas berbeda.
Meskipun tidak sehebat Coolpix P520 yang memiliki 42x zoom, namun bukan berarti perangkat ini tidak bisa diandalkan. Berbekal lensa NIKKOR Glass ED dengan sudut daya tinggi 30x zoom,  Coolpix L820 menawarkan lebar sudut 22.5mm, dengan cakupan super-telephoto 675mm.  
“Kalau desainnya hampir sama. Bentuknya ergonomis yang pas dan nyaman di tangan. Adanya pegangan di sisi kanan bodi kamera memastikan perangkat ini tetap terpegang kuat meskipun ada goncangan ringan,’’ terang Marketing Photo Pantai Jalan Agus Salim, Agus Harianto kepada Malang Post.
Selain itu, Nikon juga membekali kamera prosumernya ini dengan sensor CMOS berkekuatan 16 mega pixel. Coolpix L820 juga dilengkapi dengan fitur ganti lensa dan VR Vibration Reduction elektronik untuk mengkompensasi terhadap guncangan pada kamera.
“Lensa tersebut, akan mampu memberikan ketajaman, gambar yang jelas, gambar bebas blur, dan pengurangan blur pada gerakan,’’ tambah Agus.
Untuk kenirjanya, kamera yang memiliki layar 3 inci di bagian belakangnya ini tidak kalah dengan P520. Itu karena Nikon membekalinya dengan mesin pengolahan gambar EXPEED C2. Mesin tersebut memungkinkan  sensitivitas ISO 125-3200 dan telah mendukung video recording berkemampuan Full HD 1080p. Sementara untuk mode pengambilan gambar Coolpix L820 ini cukup lengkap diantarannya Easy Auto Mode dan Smart Portrait System. Sedangkan untuk kreatifitas, kamera ini juga dibekali efek khusus seperti Selective Color dan Retouch Glamour. “Beberapa filter juga dipasang seperti Filter Effect dan Skin Softening. Itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas foto,’’ tambahnya. Pengguna juga tidak perlu repot untuk urusan baterai. Itu karena Nikon membekali kamera ini dengan baterai AA. “Kalau baterainya habis, pengguna tinggal menggantinya, atau untuk lebih irit pengguna bisa menanamkan baterai AA yang recharger,’’ tandasnya.(vik/fia)