Xperia M dan Xperia L Bidik Pasar Menengah

MALANG – Tahun 2013 lalu juga menjadi tahun kebangkitan Sony. Itu terbukti dengan banyaknya ponsel berbasis Android yang diluncurkan Sony ke pasar ponsel. Di kelas menengah, Sony sempat menggebrak dengan dua ponsel sekaligus, yaitu Xperia M dan Xperia L. Dua ponsel ini cukup mendapat perhatian. Selain memiliki kinerja yang sangat memuaskan, Sony juga membekali kedua ponsel ini dengan fitur yang lengkap.
“Untuk kelas menengah, Xperia M dan Xperia L cukup diminati. Keduanya sudah bekerja dengan operating sistem Android 4.2 Jelly Bean,’’ kata Frontliner Erafone, Ayu Wahyu kepada Malang Post.
Seperti Xperia M, ponsel ini tidak hanya hadir untuk memenuhi kebutuhan komunikasi penggunanya. Namun juga dibekali banyak fitur menarik. Sebut saja sambungan NFC. Sony sengaja menanamkan sambungan NFC ini pada ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 2,55 juta ini.  Sambungan NFC, berfungsi untuk transfer data.
“Fungsinya sama seperti Bluetooth. Hanya saja NFC lebih simpel, dan tidak banyak makan daya,’’ kata gadis asal Pakis ini.
Selain NFC, performa M juga juga lebih handal. Itu karena Sony membekali ponsel ini dengan prosesor jenis Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227, Dual-core dengan clock speed 1 GHz. Sedangkan grafisnya, ponsel dengan layar 4 inci ini dibekali dengan  Krait Adreno 305Sensors Accelerometer. Memory RAM 512 cukup membuat ponsel ini sangat cepat untuk menyajikan data.
Baterai Xperia M juga memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan dengan Xperia L. Menurut Ayu, baterai berkapasitas 1750 mAh pada Xperia M mampu bertahan hingga 552 jam pada jaringan 2G atau 454 jam pada jaringan 3G dalam kondisi stand by. Sementara kondisi talk time ponsel ini mampu bertahan hingga 10 jam 18 menit pada jaringan 2G atau 9 jam pada jaringan 3G.
Sementara untuk Xperia L, sekalipun tidak dibekali dengan sambungan NFC, namun Sony membekali ponsel ini dengan kamera yang lebih baik. Yaitu dengan lensa berkekuatan 8 megapiksel. Kamera yang ditanam mampu menghasilkan resolusi tertinggi yaitu 3264 x 2448 pixels. Auto focus dan LED flash, juga hadir untuk memudahkan pengguna mengambil gambar. Sedangkan untuk fiturnya, kamera Xperia L ini telah dilengkapi dengan Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR, dan sweep panorama.  
Layar Xperia L, 0.3 inci lebih besar dibandingkan dengan Xperia M. Perbedaan itu sama sekali tidak mencolok. Itu karena Sony memilih menanamkan layar lebih memanjang pada Xperia L. “Selain memiliki spesifikasi yang lebih apik, Xperia M juga hadir dengan dua versi yaitu versi single SIM dan versi dual SIM. Sedangkan Xperia L hanya hadir dengan satu versi yaitu single SIM,’’ urai Ayu yang mengatakan untuk versi single SIM Xperia M dibanderol dengan harga Rp 2,55 juta, sedangkan yang versi dual SIM dibanderol dengan harga Rp 2,65 juta. Sedangkan Xperia L dibanderol dengan harga Rp 2,9 juta.(vik/fia)