Hipstamatic, Instagram Versi Windows Phone

MALANG  - Instagram boleh hadir dengan versi beta alias tidak lengkap, namun itu tidak membuat para pengguna windows phone seperti Nokia seri Lumia putus asa. Selain bisa mendownload aplikasi 6tag, ada aplikasi serupa Instagram yang bisa didownload melalui ponsel berbasi Windows Phone. Yaitu Hipstamatic.
Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama seperti Instagram, yaitu ditujukan kepada penggemar  foto mobile. Pengguna aplikasi ini tidak sekadar bisa mengambil foto, tapi juga membagikannya kepada teman, dan memberikan komentar untuk foto yang diunggah.
Sejatinya, Hipstamatic hadir lebih di dulu di iOS sebelum Instagram. Namun begitu namanya memudar lantaran pengguna aplikasi ini tidak bebas. “Sebelumnya pengguna aplikasi ini hanya bisa mengunggah foto, namun tidak bisa memberikan komentar atau memberikan tanda suka. Kondisi itulah kemudian membuat aplikasi ini ditinggalkan,’’ kata Ryan Hidayat pengguna aplikasi Hipstamatic.
Namun begitu, developer Hipstamatic tidak tinggal diam. Berbagai perbaikan pun dilakukan. Termasuk menciptakan aplikasi ini pada platform Windows Phone. Endingnya, akhir tahun lalu aplikasi ini muncul di Windows Phone.
“Developer meluncurkan Hipstamatic bersamaan dengan Nokia Lumia 1020. Hipstamatic hadir dengan dua versi yaitu Hipstamatic OGGL dan satu lagi Hipstamatic OGGL Pro,’’ kata Ryan sembari mengatakan, Hipstamatic OGGL ditujukan untuk pengguna Windows Phone 8 sedangkan Hipstamatic OGGL Pro ditujukan untuk Lumia 1020.
Seperti aplikasi Instagram di Android, Hipstamatic di Windows Phone 8 ini juga tersedia gratis. Pengguna hanya perlu membuka Nokia Store, kemudian mencari aplikasi ini dan mendowloadnya. Setelah terdownload, pengguna pun harus lebih dulu membuat akun, layaknya Instagram, selanjutnya pengguna dapat menggunakannya dengan bebas. Namun begitu, Ryan mengatakan meskipun tersedia secara gratis, tidak semua ponsel berbasis Windows Phone 8 dapat mendownload aplikasi berkapastas 18 MB ini.
“Yang bisa mendowload aplikasi ini adalah ponsel berbasis Windows Phone 8 dengan RAM 1 GB,’’ katanya.
Sementara di dalam aplikasi Hipstamatic OGGL ini, Ryan pun mengatakan banyak fitur foto yang bisa digunakan pengguna. Seperti Landscape, Food, Portait, Nightlife dan Sunset. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan terhadap ISO untuk pencahayaan.
“Dengan banyaknya fitur tersebut kita akan bisa lebih kreatif mengambil gambar. Dan membagikannya kepada teman,’’ tandasnya. (vik/fia)