Berternak Visual di Hay Day

MALANG – Facebook memang tidak sekedar hadir sebagai media sosial. Aplikasi ini tidak hanya bisa membuat kita penggunanya bertemu atau chatting dengan teman, tapi juga memberikan banyak hiburan, yang membuat pikiran fresh. Itu karena media ini juga menyediakan berbagai game menarik, seperti poker, mafia wars atau fish a fish. Kali ini, Facebook kembali menghadirkan game menarik yaitu Hay Day. Game yang  mengajak pemainnya belajar menjadi petani sukses, seketika booming. Itu terbukti, hampir semua pemilik akun memainkan game ini.
Demam game Hay Day pun sampai ke Malang. Hampir semua pengguna smartphone mengimpor game ini pada ponsel, dan memainkannya secara mobile. Salah satunya adalah Niswatul Mardiyah. Pengguna ponsel Samsung Galaxy Galaxy Mega 6.3 langsung mendownload game tersebut sejak kali pertama game tersebut dikenalkan.
“Game ini lebih seru dibandingkan dengan game Facebook lainya. Karena di game ini, kita tidak sekadar menanam atau memanen, tapi juga beternak, serta berjualan. Kita harus pandai managemen, karena berkaitan dengan tempat penyimpanan yang terbatas, ada fase-fase yang harus dilalui, yang sangat seru ,’’ katanya.
Niswa pun menjelaskan dalam game ini tidak ada yang kalah maupun yang menang. Namun begitu, pemain hanya diberi kesempatan mengelolah lahan. “Pada level pertama, hampir tidak ada hambatan. Kita diberi 1000 koin, dengan 15 diamond yang kemudian digunakan untuk membuat lahan. Harga lahan tidak mahal, yaitu 1 koin untuk setiap petaknya,’’ katanya.
Sisa koin tersebut kemudian dapat digunakan untuk membeli area peternakan termasuk hewan ternaknya. Pada level pertama hingga level 5 pemain hanya diberi dua jenis hewan yaitu ayam dan sapi. “Setiap naik level serunya bertambah. Sehingga kian asyik memainkan,’’ tambah wanita yang mengaku sudah masuk ke level 34 ini. Dan saat levelnya kian tinggi, pemain tidak hanya menciptakan lahan pertanian, atau peternakan, namun juga membentuk sebuah kota kecil yang lengkap.
Niswa mengatakan game ini lebih seru karena sesama pemain dapat melakukan barter terhadap barang yang dimiliki atau membantu teman yang membutuhkan bantuan di kebun mereka. Semua pemain dapat bermain bersamaan dengan teman yang berada di list pertemanan akun Facebook  dan tentunya yang juga ikut bermain games yang sama.
Kegiatan barter dan membantu teman akan menambah point untuk maju ke level berikutnya. Selain itu, juga bisa mendekor kebun sesuai keinginan. Dan itu dapat mencerminkan ciri khas seseorang, karena pemain berlomba lomba memperindah kebun yang kita punya sesuai pribadi. “Yang pandai bertani lahannya terlihat sangat rapih dan sedap dipandang, tapi sebaliknya jika tidak, lahannya akan terlihat  akan terlihat gersang atau malah berantakan,’’ tambah Niswa yang mengatakan permainan ini bisa menjaadi moodboster, untuk menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas sehari hari. Selain itu dia juga mengatakan ada kepuasan tersendiri saat bermain dan mampu menambah level.(vik/fia)