Reduksi Kamera Demi Prosesor

KINERJA MAKSIMAL: Berprosesor dual core Lenovo A391i miliki kinerja maksimal ketimbang pendahulunya.

MALANG – Pertengahan tahun 2013 lalu, Lenovo sukses dengan ponsel kelas entry levelnya yaitu Lenovo A390. Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 900 ribuan tersebut cukup banyak diminati. Bahkan, saking larisnya, ponsel dengan layar seluas 4 inci ini sempat tidak bisa ditemukan di pasaran. Kondisi itulah kemudian membuat Lenovo merintis generasi keduanya, dengan mengenalkan seri A391i.
Secara fisik, antara Lenovo A390 dengan A391i ini memang tidak berbeda. Bentuk keduanya betul-betul sangat mirip. Termasuk layar yang digunakan, keduanya sama-sama mendukung layar WVGA, seluas 4 inci, dengan resolusi 800 x 480 piksel.
Namun begitu, pada seri terbarunya ini Lenovo sedikit memberikan kelebihan. Diantarannya adalah prosesor. Menurut karyawan Sentra Mobile Shop Malang Plaza, Wida Zein, Lenovo A391i ini telah mendukung prosesor dual core dengan kecepatan 1.3 GHz.
“Pada seri sebelumnya, Lenovo juga menanamkan prosesor yang sama yaitu dual core. Bedanya ada pada kecepatan, jika di A390i, Lenovo menanamkan prosesor dual core dengan kecepatan 1 GHz. Sedangkan pada seri A391i ini, Lenovo membekali prosesornya dengan kecepatan 1.3 GHz,’’ terang Wida yang mengatakan kinerja ponsel baru ini juga disokong dengan memory RAM 512 MB dan ROM 4 GB. “ROM dapat diperluas menggunakan micro SDcard,’’ tambahnya.
Tidak hanya prosesor, perbedaan juga terlihat pada operating sistem yang diusung. Menurut Wida, pada seri barunya ini Lenovo telah membekali ponselnya dengan operating sistem Android 4.2 Jelly Bean. OS tersebut tentu berbeda dengan Lenovo A390 yang menggunakan OS 4.0 Ice Cream Sandwich.
Namun sayang, meskipun banyak sesuatu yang dapat diandalkan, faktanya Lenovo justru mereduksi kualitas fotografi karena lensa yang tertanam di generasi terbaru ini lebih rendah dari pendahulunya. Pada  A391i, Lenovo yang menanamkan lensa berkekuatan 2 mega pixel (MP), sementara A390 dibekali kamera 5 MP.
“Untuk keperluan foto, Lenovo A390 memang lebih bagus, karena dilengkapi dengan kamera berpiksel lebih besar. Tapi untuk performa, jelas A391i ini lebih oke,’’ tandas Wida yang mengatakan koleksi barunya itu dibanderol dengan harga Rp 900 ribuan.(vik/fia)