Jail Break iOS Versi Tinggi Sudah Terbuka

MALANG –  Pengguna iPhone atau iPad tidak asing dengan kata Jail Break. Jail Break merupakan proses menghilangkan batasan yang diberlakukan Apple pada perangkat yang diproduksinya seperti iPhone, iPod Touch ataupun iPad. Bahkan dengan Jail Break ini pengguna perangkat Apple mampu mengakses penuh ke sistem operasinya, sehingga pengguna bisa melakukan download berbagai aplikasi, baik yang orisinil maupun yang bajakan.  Semua aplikasi tersebut dapat di download melalui installer tambahan yang  bernama Cydia.
“Hampir semua versi iOS dapat di Jail Break, dan adanya Jail Break ini sangat memudahkan pengguna iPhone ataupun iPad untuk mendapatkan berbagai aplikasi secara gratis,’’ kata Andik Siswanto.
Tidak terkecuali iOS 7. Operating Sistem milik perangkat Apple ini sudah bisa di Jail Break versi tertingginya, yaitu versi 7.04. “Sebelumnya Jail Break hanya mampu mendobrak sistem untuk versi menengah, seperti iOS versi 6-6.01 atau versi 6-6.02. Tapi untuk iOS 7 ini Jail Break versi tertinggi bisa dilakukan,’’ urainya.
Penemu program dan kemudian mempublikasikannya adalah Tim Evad3rs. Jail Break versi terbaru ini dinamakan EvasIOn iOS 7-7.04. Program ini hadir atau tersedia untuk Mac dan Windows.
“Ini merupakan kabar gembira bagi pengguna iPhone, iPod atau iPad. Jail Break ini sangat bermanfaat,’’ katanya lagi.
Salah satu kelebihan Jail Break versi terbaru ini adalah, pengguna bisa mendownload lagu, kemudian mengambilnya dari perangkat untuk dikopi ke perangkat komputer. Sebelumnya Andik mengatakan, belum pernah ada copy paste data dari perankat iPhone ke perangkat lainnya, tapi pada perangkat ini sudah ada.
“Apple betul-betul melindungi hak cipta. Sehingga saat pengguna melakukan download lagu contohnya, lagu tersebut hanya bisa dimainkan di satu perangkat saja. Tapi dengan Jail Break versi terbaru ini, itu bisa dilakukan,’’ tambah pria asal Bale Arjosari ini.
Beberapa orang mengatakan tidak bisa sukses 100 persen melakukan Jail Break. Selain stuck pada logo Apple, beberapa pengguna juga kerap mengeluh Jail Break tidak bisa dibuka. “Awal-awal keluar dulu memang begitu. Tapi sekarang sudah tidak. Hampir semua aplikasi yang didownload bisa dibuka dengan lancar. Pengguna juga bisa melakukan download banyak aplikasi,’’ tandasnya.(vik/fia)