Gadget-Gadget Unik di CES 2014

PESTA gadget dunia, Consumer Electronic Show 2014 sedang berlangsung di kota Las Vegas, Amerika Serikat. Berbagai teknologi terkini pun dipamerkan di sana. Di antara gadget baru yang ditampilkan oleh para perusahaan besar atau kecil, sebagian sukses menarik perhatian pengunjung. Salah satunya karena inovasinya yang unik atau aneh.

Robot Jumping Sumo
Tidak cuma gadget konvensional seperti ponsel, tablet atau televisi saja yang nampang di arena CES 2014. Namun juga mainan canggih, misalnya saja robot bernama Jumping Sumo ini.

Robot buatan perusahaan Perancis bernama Parrot tersebut memang mainan berteknologi tinggi yang bisa dikendalikan pergerakannya melalui aplikasi smartphone atau tablet PC.
User bisa mengarahkan rodanya dengan sistem swipe atau tilting layar. Ia bisa bergerak atau berbelok dengan kecepatan tinggi dan yang canggih, Jumping Sumo mampu melompat cukup tinggi.
Dan meskipun mendarat di permukaan yang keras, bukan masalah besar bagi Jumping Sumo. Pasalnya, ia dibekali peredam kejut yang mumpuni. Sumo juga dilengkapi kamera untuk merekam video live streaming.

Drone Phantom 2 Vision
Tren pesawat terbang tanpa awak atau drone semakin menggejala belakangan ini. Tidak hanya untuk keperluan mata-mata atau militer, namun juga untuk menyalurkan hobi. Misalnya saja drone Phantom 2 Vision buatan DJI Innovations ini. Ia punya kamera built in untuk merekam foto atau video dari udara, yang bisa disaksikan melalui aplikasi ponsel.
Ada lagi versi lain yang bisa dipasangi dengan kamera seperti GoPro atau bahkan kamera jenis DSLR. Sehingga cocok digunakan oleh para fotografer yang ingin merekam gambar dari angkasa.
Harganya sendiri masih terbilang lumayan mahal, yaitu USD 1200 atau di atas Rp 10 juta. Namun mungkin akan semakin murah jika sudah banyak diadopsi
Keyboard Terbalik TrewGrip
Keyboard fisik full qwerty untuk tablet PC buatan perusahaan TrewGrip ini memang sangat unik. Sebab, tombol ketiknya berada di bagian belakang. Bagian depan keyboard TrewGrip terdiri dari beberapa tombol dan bisa dipasangi tablet PC pada bagian tengah-tengahnya. Sementara bagian belakangnya adalah keyboard fisik yang terletak di dua sisi.
Untuk mengetik, pengguna memang harus membiasakan diri menekan tombol di bagian belakang tersebut. Tepat di depannya, ada huruf yang akan menyala sesuai tombol yang ditekan agar pengguna tahu ia salah ketik atau tidak.
Sepertinya, cukup ribet menggunakannya. Namun pihak TrewGrip mengklaim pengguna akan mudah memakai keyboard ini jika sudah terbiasa.

Sikat Gigi Pintar
Tidak hanya jam tangan atau kacamata saja yang akan menjadi perangkat pintar. Rupanya, sikat gigi pintar pun saat ini sudah dikembangkan. Sikat gigi pintar tersebut dikembangkan perusahaan asal Perancis bernama Kolibree. Ia dapat terhubung dengan perangkat Android dan iOS.
Sikat gigi Kolibree memiliki semacam sensor, dengan guna antara lain mengenali area gigi mana yang sudah disikat. Ia dapat mengenali berapa lama dan seberapa sering penggunanya menyikat gigi.
Jika penggunanya sembarangan dalam menyikat gigi atau terlalu jarang melakukannya, maka sikat gigi yang satu ini akan memberi peringatan. Lumayan canggih, bukan?

Charger Waka Waka
Charger bernama Waka Waka ini cukup menarik perhatian. Bagian sisi sisinya merupakan panel tenaga surya yang bisa menyimpan daya dari sinar matahari.
Untuk mengumpulkan daya sampai penuh, ia perlu dijemur selama sekitar 8 jam. Kemudian dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai semartphone dalam waktu dua jam.
Waka Waka Power ini telah dijual seharga USD 69. Selain sebagai charger, ia juga bisa memancarkan cahaya untuk penerangan. Sepertinya, Waka Waka cocok untuk wilayah yang kekurangan listrik dan dilimpahi sinar matahari. Juga cocok dibawa saat rekreasi di tempat terpencil.(dtc/fia)