Pengguna Kakao Lebih Betah Chatting

KAKAO mengumumkan pencapaian terbarunya. Berdasarkan penelitian perusahaan analisa mobile Mobidia, KakaoTalk menduduki urutan teratas deretan mobile messenger untuk urusan lamanya waktu penggunaan.
Penelitian Mobidia ini juga mengungkapkan, layanan yang identik dengan warna kuning dan coklat tersebut ada di urutan kedua, sebagai messenger paling banyak digunakan di dunia setelah Whatsapp.
"Mobidia melacak penggunaan 'jutaan' smartphone Android di seluruh dunia untuk mengetahui messenger yang paling banyak digunakan," demikian disampaikan KakaoTalk dalam keterangannya, Kamis (9/1/2014).
"Untuk mengevaluasi keterlibatan pengguna dengan sebuah aplikasi tertentu, Mobidia menghitung jumlah waktu saat sebuah aplikasi terbuka di latar depan dengan layar smartphone menyala," lanjut keterangan tersebut.
Dari penelitian ini, diketahui bahwa rata-rata pengguna KakaoTalk menghabiskan 213 menit, selama periode pengukuran pada 26 Oktober-2 November 2013. Di urutan kedua menyusul WhatsApp yang rata-rata penggunanya menghabiskan 195 menit.
"Penelitian itu juga mencakup analisis penggunaan sebenarnya dari aplikasi-aplikasi mobile messaging," demikian KakaoTalk memberikan penjelasan.
Tingkat penggunaan KakaoTalk menempati posisi kedua tertinggi. Tercatat, KakaoTalk digunakan oleh 23 persen smartphone Android di seluruh dunia, mengikuti Whatsapp dengan tingkat penetrasi 41 persen.
Adapun messenger yang dianalisa untuk penelitian ini, selain KakaoTalk dan Whatsapp juga meliputi Kik Messenger, Line, WeChat, BBM, SnapChat, Viber, Skype, Tango dan Facebook Messenger.
"Temuan ini sangat menarik, khususnya karena hal ini membuktikan bahwa jumlah pengguna terdaftar tidak serta merta mencerminkan penggunaan yang sebenarnya dari aplikasi-aplikasi pesan," klaim KakaoTalk.(dtc/fia)