OPPO Find 5 Mini Gantikan OPPO Find 5

MALANG – OPPO cukup sukses memasarkan produk OPPO Find 5 setahun lalu. Kesuksesan tersebut membuat pabrikan asal Cina ini kembali menelurkan produk yang sama dengan versi yang lebih kecil, yaitu OPPO Find 5 Mini. Kehadirannya ponsel dengan serial number R827 ini membuat penasaran banyak orang.  Tidak sedikit juga orang yang mempertanyakan kehebatan ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 3,6  jutaan ini. Promotor OPPO Malang,  Roiza Zulfana menjelaskan secara desain antara OPPO Find 5 dengan OPPO Find 5 mini jelas berbeda.
“OPPO Find 5 Mini lebih kecil dan bobotnya juga lebih ringan,” kata gadis yang memiliki wilayah tugas di Cell-Cell Malang Plasa itu.  Tidak terkecuali layarnya, OPPO Find 5 Mini didukung dengan layar seluas 4.7 inci, selisi 0.3 inci dengan sang kakak yang mengusung layar seluas 5 inci. Menariknya, layar yang lebih kecil ini justru membuat tampilannya lebih jernih dan warnanya lebih tajam. Itu seiring dengan dukungan teknologi qHD pada layar dengan resolusi 540 x 960 piksel.
Perbedaan lain antara OPPO Find 5 dengan OPPO Find 5 mini terletak pada sensor kamera. Menurut Roiza, sensor kamera OPPO Find 5 mini lebih rendah. Karena hanya dibekali dengan sensor 8 megapiksel untuk kamera utamanya. Sedangkan OPPO Find 5 dibekali dengan sensor berkekuatan 13 megapiksel. Tapi begitu, lensa CMOS yang ditanam pada kamera OPPO Find 5 Mini memberikan efek yang luar biasa. Bisa dikatakan, hasil jepretan antara OPPO Find 5 dan OPPO Find 5 Mini tidak banyak berbeda secara kualitas.
Sebaliknya untuk kamera kedua, OPPO Find 5 mini ini justru lebih tinggi. Menurut Roiza kamera kedua ponsel ini mendukung lensa berkekuatan 2 megapiksel, dengan teknologi sensor CMOS.  “Lensa CMOS merupakan lensa yang ditanam pada ponsel Sony, yang menghasilkan jepretan luar biasa,’’ tambahnya. Sesuai dengan harganya yang lebih terjangkau, untuk ponsel barunya ini OPPO menanamkan prosesor jenis MediaTek MT6582Quad-Core ARM Cortex-A7 1.3GHz, yang didukung dengan ARM Mail-400MP.
Ini jelas berbeda dengan sang kakak yang mengusung prosesor  Qualcomm APQ8064 Snapdragon, Quad-core 1.5 GHz Krait Adreno 320. Perbandingan tersebut jelas, kinerja Find 5 mini kalah dengan sang kakak. Terlebih memoi RAM yang ditanam Find 5 juga lebih tinggi yaitu 2 GB sedangkan Find 5 mini hanya didukung RAM 1 GB.  Adanya slot untuk memory internal membuat ponsel ini unggul dibandingkan sang kakak. “OPPO hanya memberikan ruangan 4 GB untuk memory internal, bisa diperluas hingga 32 GB menggunakan memory eksternal,” tegasnya. (vik/mar)