Caterpillar Rambah Bisnis Ponsel

CATERPILLAR (CAT) terkenal sebagai perusahaan pembuat mesin-mesin kontruksi. Tapi, kali ini perusahaan itu baru saja meluncurkan sebuah ponsel pintar yang diklaim tahan banting dan anti air.
Melansir Daily Mail, Jumat 10 Januari 2014, ponsel pintar yang diberi nama CAT B100 itu khusus dirancang untuk lingkungan yang ekstrem. CAT mengklaim ponselnya tetap menyala meski jatuh dari jarak 1,8 meter, dan mampu bertahan di temperatur -25 derajat Celcius.
Yang lebih hebat lagi, CAT B100 akan tetap hidup walau direndam di air pada kedalaman satu meter selama 30 menit. Kekuatan baterainya juga mengejutkan. Ponsel mampu meladeni waktu bicara hingga 10 jam, dan waktu siaga mencapai 23 hari. Ya, hampir sebulan.
CAT B100 diperkenalkan oleh Caterpillar di ajang Consumer Electronics Show (CES), yang digelar pada 7-10 Januari 2014, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Keunggulan lain ponsel pintar ini adalah menggunakan teknologi noise cancelling microphone dan high quality loudspeaker. Sehingga, suara dapat terdengar jelas kendati dipakai di lingkungan yang sangat bising.
"CAT B100 adalah ponsel yang praktis dan tangguh. Ponsel ini khusus dirancang dengan tingkat keandalan yang sangat tinggi," kata Dave Floyd, CEO Bullitt Mobile, produsen ponsel CAT.
Dia menambahkan, ponsel ini juga diperuntukkan khusus bagi para pekerja yang berada di lingkungan yang sangat ekstrem, misalnya pengeboran minyak bawah laut atau kegiatan outdoor lainnya. Kekuatan baterai yang tahan lama dianggap cocok ketika sedang berada di tempat yang sulit menjangkau listrik.
"Intinya, ponsel pintar ini tidak akan mengecewakan para penggunanya," ujar Floyd.
CAT B100 merupakan penerus dari ponsel model CAT B15 yang juga dirancang tahan benturan, air, dan debu. Pebedaannya, hanya pada sisi keyboard. CAT B100 sudah menggunakan layar sentuh, sementara CAT masih menggunakan keyboard fisik. CAT B100 menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean, kamera belakang 5 MP.
Caterpillar belum mengumumkan kapan ponsel pintarnya mulai tersedia di pasaran dan berapa harga resminya. Jadi, tunggu saja.(vvn/fia)