BlackBerry Samoa Masih Disuka

POPULER: BlackBerry 9720 sempat tenggelam di awal kemunculannya, namun kini ponsel yang mengusung keypad fisik tersebut mulai diperhitungkan kembali oleh konsumen.

MALANG – 9720 merupakan perangkat terakhir yang dikenalkan BlackBerry dengan OS BlackBerry 7. Kehadiran ponsel yang lebih dikenal dengan nama Samoa ini memang sempat mengundang banyak cibiran. Apalagi perangkat tersebut dikenalkan, tidak lama setelah BlackBerry merilis secara resmi aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform.
Namun begitu, kondisi tersebut tidak lama. Dalam waktu kurang dua bulan, Samoa justru menjadi buruan konsumen. Salah satu faktornya adalah banyak pengguna Android atau iPhone tidak menemukan kepuasan saat melakukan chatting BBM menggunakan perangkatnya.  
“Awalnya memang tidak laku, tapi lama kelamaan banyak yang memburu juga,’’ Marketing Karna Jaya Fitri Hidayah kepada Malang Post kemarin.
Fitri menjelaskan, secara produk Samoa memang perangkat teranyar BlackBerry yang menggunakan OS 7. Tapi jangan salah, OS versi 7 yang ditanam adalah paling gress, dengan poin dua di belakangnya. Lantaran itulah banyak perubahan terlihat pada perangkat ini.
Diantarannya adalah hadirnya fitur BBM Voice. Fitur ini memanfaatkan jaringan WiFi, dimana pengguna BlackBerry ini bisa saling mengobrol, tanpa harus mengeluarkan biaya. “Ini merupakan fitur baru, dan dikenalkan melalui Samoa ini,’’ tambah Fitri.
Selain itu juga ada fitur multicas. Fitur ini mengunggah pesan dan membagikannya ke beberapa media sosial sekaligus, mulai dari teman-teman di kotak BBM, Facebook, hingga Twitter. Paling keren, dengan OS tersebut, aplikasi BBM yang terdapat pada perangkat ini telah Integrated FM radio. Dengan begitu memungkinkan pengguna mendengarkan siaran radio lokal. Selain itu, saluran radio yang sedang didengarkan secara otomatis tampil di status BBM pengguna.
“Yang jelas perangkat ini berbeda dengan perangkat BlackBerry yang menggunakan OS 7 pada umumnya. Tampilannya lebih modern,’’ tambah wanita berambut panjang ini.
Sementara produknya sendiri Samoa hadir dengan desain yang presisi. Memiliki dimensi 114 x 66.33 x 12.07 mm, ponsel ini dilengkapi dengan layar 2.8 inci, dengan touch panel display. Resolusi layarnya mencapai 480 x 360 piksel dan tingkat kepadatan warnanya mencapai 214 ppi.
Kamera Samoa dilengkapi dengan kamera EDOF 5 megapiksel. Flash dan Image Stabilization membuat kamera ponsel ini bisa menjepret dengan kualitas bagus. Apalagi dengan adanya tambahan 4 kali digital zoom kian membuat pengguna leluasa mengambil gambar.
Ponsel ini juga dibekali dengan prosesor 806 MHz Travor MG1. Kinerja ponsel didukung dengan memory RAM 512 MB.  Sedangkan untuk ketahananannya,  ponsel yang telah dilengkapi dengan jaringan 3G ini mampu bertahan hingga 432 jam dalam kondisi stand by.(vik/fia)