Samsung Kuasai Pasar Entry Level

UNGGULAN: Galaxy Y menjadi ponsel entry level Samsung yang telah dibekali OS Android.

MALANG – Tahun 2013 lalu, Samsung memang cukup berjaya dengan ponsel berbasis Android. Pabrikan asal Korea Selatan ini menciptakan ponsel berbagai kelas, mulai dari entry level, menengah hingga high end.
Untuk kelas entry menciptakan sedikitnya 5 seri ponsel. Yaitu Galaxy Star, Galaxy Y, Galaxy Chat, Galaxy Young dan Galaxy Fame. Kelima ponsel ini dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan.
Seperti diketahui, lima ponsel entry level ini memiliki bentuk yang berbeda secara fisik. Sebut saja Galaxy Star. Ponsel ini merupakan ponsel dual SIM dengan layar seluas 3 inci. Ponsel ini berjalan dengan prosesor single core dengan kecepatan 1 GHz. Ponsel imut ini memiliki memory internal 4 GB, dan kamera 2 megapiksel. Yang menjadi andalan ponsel ini adalah adanya fitur WiFi Direct.
Sedangkan Samsung Galaxy Y  hadir dengan OS lebih rendah. Yaitu Android 2.3 Ginger Bread. Saat kali pertama diluncurkan ponsel ini cukup menarik perhatian, lantaran ponsel layar sentuh seluas 3 inci ini memiliki bentuk yang elegan. Meskipun banyak diminati, namun Samsung menciptakan penggantinya, yaitu Samsung Galaxy Young. Generasi baru Y ini justru lebih banyak diminati, lantaran hadir dengan OS Jelly Bean. Bahkan, jaringan Samsung Galaxy Young ini telah mendukung jaringan HSDPA dan HSUP. Ponsel ini juga memberi wadah penyimpanan internal yang lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya.
 “Jika memory internal Galaxy Y hanya 160 MB saja, Galaxy Young dibekali dengan memory internal 4 GB,’’ kata karyawan Tiga Putra, Plaza Gajahmada, Hani Nilangsari. Sementara untuk layanan dan aplikasi tambahan, ponsel ini mendukung Motion UI, Change Display, Game Hub Lite dan GMS.
Ponsel entry besutan Samsung lainnya adalah Galaxy Chat. Ponsel ini berbeda dengan empat seri galaxy lainnya. Itu karena Samsung membubuhkan Keypad pada ponsel ini. Keypad yang tertanam berbentuk qwerty. Keypad ini sangat memudahkan saat pengguna melakukan chatting. Ponsel ini juga mendukung jaringan HSUPA dan EDGE.
Dari empat seri tersebut, paling elegan adalah seri Galaxy Fame. Ponsel ini mendukung layar jenis TFT seluas 3.5 inci. Jaringan yang diusung juga HSDPA dan HSUP. Ponsel ini sudah mendukung Bluetooth versi 4.0 yang menyerap daya minimal. Selain itu ponsel ini juga telah dilengkapi dengan GPS.
“GPS yang dipasang mendukung A-GPS dan GLONNAS,’’ tambah Hani. Selain itu Samsung Galaxy Fame juga banyak diminati lantaran daya tahan baterainya yang kuat. Baterai yang tertanam memiliki kapasitas 1300 mAh. Lebih besar dibandingkan baterai  yang tertanam pada empat seri Galaxy lain.
Meskipun berada di kelas entry level, namun lima ponsel seri Galaxy ini tidak murahan. Hani mengatakan kecuali Galaxy Y yang berjalan dengan OS Android 2.3 sisanya sudah mendukung platform Android 4.2  Jelly Bean. “Sudah Jelly Bean semuanya untuk Operating Sistemnya (OS). Jadi sudah bisa digunakan untuk BBM an. Untuk OS Galaxy Y juga bisa di upgrade hingga Android 4.0 ice Cream Sandwich,’’ tandasnya.(vik/fia)