Nokia Normandy Usung Android KitKat

MALANG POST - Teka-teki smartphone Nokia berbasis Android perlahan mulai terkuak. Setelah bocoran bentuk fisiknya muncul ke permukaan, kini data benchmark dari ponsel yang akan mengusung nama Normandy ini juga ketahuan mengusung OS Android 4.4.1 KitKat. Tak hanya itu, mulai dari tipe yang digunakannya hingga spesifikasi yang akan dimilikinya pun terungkap pada bocoran kali ini. Prosesor besutan Qualcomm kembali dipercaya mempersenjatai Nokia Normandy, seperti halnya Lumia.
Namun masih belum jelas prosesor Snapdragon tipe apa yang akan digunakan Nokia Normandy. Pun demikian dengan resolusi layar yang hanya 854 x 480 piksel, Normandy kemungkinan besar hanya akan mengandalkan jenis prosesor Snapdragon kelas menengah. Informasi lain yang turut membuka tabir Nokia Normandy adalah penggunaan kameranya dengan kemampuan 5 Megapiksel.
Bukti bahwa Normandy memang disiapkan untuk mengincar segmen menengah. Adapun tipe yang dikenali oleh AnTuTu saat Normandy diuji adalah Nokia A110. Sayangnya tak terungkap berapa besaran poin kinerja yang diraih Normandy dalam pengujian. Namun karena disiapkan di segmen menengah, kinerjanya pun diyakini tak terlalu istimewa.
Dengan kehadiran bocoran ini, rumor yang mengatakan Microsoft tak ingin melanjutkan pengembangan Nokia Normandy terbantahkan dengan sendirinya. Bocoran ini juga sekaligus membuktikan bahwa pengembangan Nokia Normandy masih berjalan, bahkan disebut mulai memasuki tahap final. Dikutip dari Phone Arena, sejumlah spekulasi yang beredar juga berani menyebutkan bahwa bukan tidak mungkin Nokia Normandy akan diperkenalkan Nokia pada event Mobile World Congress (MWC) 2014, Februari mendatang. (dk/mar)