Start Up Tersendat hingga Layar Mudah Gores

Mengenali Galaxy Note 3 Replika
MALANG – Belakangan banyak produk ponsel pintar replika beredar di pasaran. Tidak terkecuali di Malang. Meskipun penjualan ponsel replika tidak dilakukan secara terang-terangan, namun kondisi tersebut sangat meresahkan. Apalagi, ponsel replika yang beredar nyaris tidak berbeda dengan bentuk aslinya. Salah satu ponsel replika yang sempat ditemui Malang Post adalah Galaxy Note 3.
Secara kasat mata, Galaxy Note 3 ini tidak berbeda antara yang original dengan yang replika. Mulai dari dimensi, hingga ukuran layarnya, sama persis. Tidak terkecuali dengan cassing bagian belakang,  Note 3 palsu ini juga dibalut dengan bahan kulit, sama seperti aslinya.
“Bentuknya memang sama persis jika dilihat secara fisik. Termasuk adanya S Pen di bagian kiri bawah,’’ kata Karyawan T Cell Dinoyo, Ilham Nur Hayat.
Namun begitu, di balik fisiknya yang sama tersebut, banyak hal yang ternyata tidak sama. Ilham  mencontohkan, beberapa hal yang tidak sama. Contohnya layar.  Meskipun sama-sama mengusung layar seluas 5.7 inci, ketajamannya jelas berbeda. Samsung Galaxy Note 3 menggunakan layar Super AMOLED, yang dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 3 agar tidak mudah tergores. Sementara edisi replika, layar yang ditanam jenisnya adalah LCD biasa, tanpa perlindungan.
“Karena layarnya berbeda, maka gambar dan ketajaman warnanya juga berbeda. Layar Samsung Galaxy Note 3 palsu tidak ubahnya seperti ponsel yang diproduksi pabrikan lokal pada umumnya,’’ tambah ilham.
Selain itu S Pen. S Pen yang menempel pada Samsung Galaxy Note 3 ini terdapat di bagian kiri bawah lubang S Pen juga universal, artinya pengguna bisa meletakkan S Pen pada tempatnya dengan kondisi bagaimana saja.
Pengguna juga bisa memunculkan fitur Air Command pada layar Samsung Galaxy Note 3 saat menekan tombol tengah S Pen. Sedangkan pada Galaxy Note 3 replika tidak.  S Pen hanya bisa diletakkannya sesuai teksturnya, dan kedua tombol tengah S Pen tidak berfungsi sama sekali.
“Selain itu saat dihidupkan pada layar Galaxy Note 3 keluar logo Samsung yang diawali dengan cahaya yang membentuk oval kemudian muncul tulisan samsung tanpa mengalami patah – patah. Sedangkan pada Samsung Note 3 replika logo samsung keluar namun tulisannya patah – patah,’’ tambahnya.
Perbedaan paling mencolok adalah harganya. Samsung Galaxy Note 3 replika jelas dijual dengan harga lebih murah. “Jika kondisi baru memang mudah dilihat, tapi jika kondisi second sedikit susah. Paling mudah adalah membeli ponsel Samsung Galaxy Note 3 di konter yang terpercaya,’’ kata Ilham yang mengatakan untuk paket penjulan tidak ada perbedaan antara yang original dengan yang replika. Termasuk isi di dalamnya juga sama. (vik/fia)