S40 Asha, Pengganti OS Symbian dari Nokia

S40 ASHA: Tanpa didukung OS Symbian, Nokia Asha tetap eksis dengan OS S40 Asha.

MALANG – Sejak 2012 lalu, Nokia mengenalkan Asha. Sejak kali pertama dikenalkan hingga sekarang, sudah lebih 17 seri ponsel Asha dikenalkan. Yang menarik, adalah operating system yang digunakan. Nokia tidak menjalankan ponsel Asha ini dengan operating sistem (OS) Symbian. Sebaliknya, Asha dijalankan dengan OS Nokia S40 Asha.
OS Nokia S40 Asha merupakan OS yang diciptakan dan dikembangkan sendiri oleh Nokia.  Meski tidak secanggih symbian atau windows phone untuk seri Lumia, namun OS Nokia S40 Asha ini cukup menarik. Seiring banyaknya fitur yang diangkut dalam OS tersebut.
“OS Nokia S40 Asha ini tidak jauh beda dengan OS Java. Hanya saja pada OS Nokia S40 Asha banyak game yang disertakan,’’ kata Promotor Nokia, Wahyu Wibisono kepada Malang Post.
Seperti diketahui Nokia memberikan 40 game gratis untuk Nokia Asha. Game-game tersebut diantarannya FIFA 13, Need for Speed Shift, Medal of Honor, dan Bejeweled. Selain itu pada OS ini Nokia juga menyediakan 120 ribu aplikasi. “Dari 120 ribu aplikasi tersebut, 6.000 diantaranya merupakan aplikasi lokal Indonesia,’’ tambah Wahyu.
Salah satu ponsel yang menggunakan OS Nokia S40 Asha tersebut adalah Asha 210. Ponsel ini hadir dengan keyboard Qwerty dan aplikasi media jejaring sosial untuk mendukung kehidupan sosial konsumen Indonesia. Asha 210 didukung  aplikasi jejaring sosial Facebook, Twitter, dan YouTube, serta aplikasi pesan instan WhatsApp dan Line.
“Asha 210 merupakan ponsel lain dari pada yang lain. Perangkat ini hadir sebagai ponsel gaul karena corak warna yang terang, seperti kuning, cyan, magenta dan putih. Ditambah dengan tombol gaul  untuk akses cepat ke jejaring sosial,’’ tambah Wahyu.
Menariknya, ponsel ini dibanderol dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp 700 ribuan saja. Kelebihan lain yang ada pada ponsel ini adalah pengguna bisa berbagi foto, video, dan konten lain dengan ponsel lainnya menggunakan inovasi SLAM tanpa Bluetooth device pairing. Aplikasi Nokia Xpress Browser menggunakan teknologi kompresi data yang membantu pengguna menikmati akses internet terjangkau. Fitur Nearby memungkinkan pengguna menemukan tempat-tempat menarik seperti restoran, tempat belanja, dan mesin ATM terdekat.(vik/fia)