Printer Ink Tank Epson Top Urusan Cetak

MALANG POST - Epson makin menegaskan untuk fokus bermain di segmen printer ink tank. Terlebih setelah vendor asal Jepang itu mengeluarkan empat varian baru printer L Series yang diklaim bisa diajak ngebut untuk urusan cetak mencetak. Empat varian yang baru diperkenalkan tersebut adalah L110, L210, L300, dan L350. Menurut Manager Director PT Epson Indonesia, Hirasaki Michiya, lahirnya empat varian ini sebagai jawaban atas tuntutan pasar akan penggunaan printer ink tank.
“Sejak dua tahun lalu kita semakin yakin bahwa ink tank sesuai dengan kebutuhan Indonesia," ujar Hirasaki. Dua tahun lalu, Epson juga telah meluncurkan printer L Series tipe L100, L200, dan L800. “Dari situ juga market share Epson terus meningkat karena sesuai dengan pasar Indonesia,” terangnya. Lahirnya generasi kedua L Series ini sekaligus untuk memberi alternatif kepada pelanggan untuk mencari printer handal dan memiliki kecepatan operasional hingga tiga kali dibanding versi pertama yang lahir Oktober 2010 lalu.
Dan yang terpenting adalah penghematan biaya operasional mencetak. “Tujuan utama Epson bukan sebatas menjual produk, tapi juga membahagiakan customer,” papar dia. Asisten Manager Continual Ink Suply System PT Epson Indonesia, Agus Adrianto, menambahkan meski secara operasional printer generasi L terbaru ini diklaim low cost dalam operasional, tidak serta merta kualitas dari hasil printing diindahkan. “Murah dan kualitas tetap terjaga,” kata Agus.
Kelebihan lain yang ditawarkan L Series generasi baru ini adalah ukuran fisik 10 persen lebih kecil dari produk sebelumnya. Sehingga berdampak pada produktivitas tinggi ditambah dengan sistem tangki. “Dengan sistem tangki ini dapat memproduksi 12.000 lembar yang merupakan akumulasi dari tiga tangki tinta. Artinya per botol mampu mencetak 4.000 lembar,” rilisnya kepada Malang Post.
Dengan lahirnya generasi L terbaru, Epson memiliki ekspetasi menyasar target kalangan korporat yang membutuhkan performa kecepatan dalam produktivitas. Sebelumnya “Epson akan menargetkan untuk menjadi nomor satu share market printer di Indonesia,” katanya. Hasil demonstrasi performa tiga printer, L200, L210, dan L350, printer cepat L350 mampu memproduksi 1.000 kertas dalam waktu 1 jam 51 menit. Sementara L210 mampu mencetak 700 lembar dan L200 sebanyak 300 lembar. (mar)