Galaxy Y Neo, Penyempurnaan Star

MALANG – Sebagai pabrikan global, Samsung tidak hanya fokus dengan ponsel pintar yang full teknologi terkini. Sebaliknya, perusahaan asal Korea Selatan ini juga menciptakan ponsel kelas entry level. Salah satunya adalah Galaxy Y Neo. Tentu saja, kehadiran ponsel dengan luas layar 3 inci ini menarik perhatian, terutama kaum remaja yang memiliki uang pas-pasan, tapi tetap ingin eksis dengan berbagai media sosial.
Hadir dengan Operating Sistem Android 4.2 Jelly Bean terbaru, Samsung Galaxy Y Neo memang sangat berbeda dengan ponsel lain di kelasnya. Pengguna bisa mendownload berbagai aplikasi sosial dan chatting, dan menggunakannya tanpa kendala berarti. Termasuk aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), yang sejak awal rilisnya menjadi incaran, bisa diunduh dengan mulus menggunakan ponsel ini.
“Untuk kebutuhan download, sama sekali tidak ada kendala, karena ponsel ini telah dilengkapi dengan jaringan 3G HSDPA dan HSUPA,’’ kata karyawan Cell-Cell Malang Plaza Delly Wermina kepada Malang Post kemarin (24/1).
Secara produk, Delly mengatakan Galaxy Y Neo ini merupakan regenerasi dari Samsung Galaxy Star yang lebih dulu dikenalkan. Dikatakan regenerasi, lantaran hampir semua spesifikasinya sama. Satu-satunya yang berbeda adalah, Galaxy Y Neo telah menggunakan jaringan 3G sedangkan Galaxy Star masih berkutat pada jaringan 2G atau EDGE.
“Jelas berbeda saat digunakan internetan, Galaxy Y Neo jelas lebih cepat, karena sudah 3G. Tapi begitu, jaringan operator juga sangat menentukan,’’ urai wanita ini.
Sedangkan spesifikasi lainnya, antara Galaxy Y Neo dan Galaxy Star semuanya mirip. Mengusung layar 3 inci, dengan teknologi QVGA TFT LCD. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel, serta ada radio yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik, atau mendengarkan berbagai siaran berita.
Ponsel ini didukung dengan memori internal 4 GB, yang dapat diekspansi hingga 32 GB. Dengankan memory RAM Samsung memberikan kapasitas 512 MB. “Ada dua pilihan warna, hitam dan putih,’’ tambah Delly.
Untuk harganya, Delly mengatakan tidak terpaut jauh dengan Galaxy Star. Tapi yang jelas, kedua ponsel tersebut dibanderol dengan harga tidak lebih dari Rp 1 jutaan.(vik/fia)