Fitur Editing Lengkap Dalam Kamera

MALANG – Eksistensi Samsung di dunia elektronik memang tidak perlu diragukan. Terbukti, pabrikan asal Korea Selatan ini tidak hanya handal dalam menciptakan produk smartphone atau tablet, tapi juga menciptakan kamera pintar. Bernama Galaxy Camera, Samsung mengenalkan kamera berbasis Android. Kehadirannya pun membuat banyak orang penasaran. Terutama para pecinta fotografi.
Banyak kemudahan diberikan dengan kamera ini. Selain mampu menjepret foto dengan kualitas ciamik, pengguna juga bisa langsung membagikan foto tersebut kepada setiap orang, termasuk membagikannya ke situs sosial media.
“Sekarang lagi trend aplikasi foto. Menggunakan Samsung Galaxy Camera, semuanya menjadi mudah. Karena dengan perangkat ini, pengguna tidak hanya menjepret, tapi sekaligus mengedit dan membagikannya kepada teman atau keluarga,’’ kata Team Leader Erafone, Ary Kurnianto.
Untuk mengedit foto, Ary pun mengatakan pengguna tidak perlu mengeluarkan foto dan mengeditnya di laptop.  Pengguna cukup mendownload aplikasi kamera dari kamera. Itu karena kamera ini berjalan dengan platform Android versi 4.1 Jelly Bean yang menyediakan banyak aplikasi kamera di dalamnya.
“Ada 65 fitur foto pada perangkat ini, namun jika kurang, pengguna bisa mendownload aplikasi foto melalui Google Play Store,” rinci dia.
Setelah melakukan editing sesuai yang diinginkan, pengguna juga bebas membagikan hasil foto kepada teman. Itu seiring dengan adanya koneksifitas WiFi, yang ditanam Samsung pada perangkat barunya ini. Tentu saja, sambungan WiFi tersebut dapat digunakan saat di wilayah tersebut ada jaringan WiFi.
Sementara kinerjanya, kamera ini juga tidak ubahnya dengan perangkat seluler atau tablet. Itu karena Samsung membekalinya dengan prosesor quad core berkecepatan 1.4 GHz.  Perangkat ini juga dibekali dengan layar seluas 4.8 inci. Layar dengan rasio 26:9 beresolusi QHD, dan Super Clear Touch Display  ini terletak di bagian belakang, ini sangat memudahkan pengguna untuk melihat kembali hasil jepretan, mengedit dan mengirimkannya kepada sahabat.
“Jika perangkat ini dilengkapi dengan slot SIM Card fungsinya sama dengan ponsel pintar,’’ kata pria asal Surabaya ini.
Bukan itu saja, selain mampu mengambil gambar dengan kualitas terbaik kamera ini juga mampu menjadi pendengar yang sangat baik. Dengan kemampuan mendengarnya, perangkat ini mampu melakukan perintah pengguna. Seperti perintah zoom in atau zoom out atau melakukan pengaturan waktu, dan mengambil foto saat obyek yang difoto sudah siap, siap dilakukan kamera ini berdasarkan perintah kamera.
Sementara untuk spesifikasinya, Samsung menanamkan lensa beresolusi 16 megapixel. Dilengkapi dengan lensa lebar 23 mm dan kemampuan zoom hingga 21 kali, mampu menangkap obyek secara close-up pada jarak lebih kurang 15-20 meter dengan kualitas yang sangat baik. Itu karena perangkat ini memiliki kemampuan maksimum ukuran foto yang mencapai 4608 x 3456 pixel (dengan format rasio 4:3), sementara ukuran minimum foto tersedia dalam ukuran 2592 x 1944 pixel.
Perangkat ini juga ditunjang dengan tiga menu utama pengaturan kamera, yaitu Auto, Smart, dan Expert. Untuk menu Auto, sesuai dengan namanya, kamera seluruhnya dikendalikan secara otomatis. Penggunanya hanya tinggal menekan tombol shutter release di bagian atas tubuh kamera atau menyentuh tombol shutter release di layar LCD.
“Ada 15 opsi untuk menu smart, sesuai dengan kebutuhan, seperti pemotretan makro, panorama, landscape, dan pemotretan malam,’’ tambah Ary.
Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 5.499.000. “Saat ini ada promo cash back Rp 800 ribu untuk Galaxy Camera, sehingga cukup dengan harga Rp 4.699.000,’’ tandasnya.(vik/fia)