Android KitKat Beredar di Malang

MALANG – LG secara resmi telah melaunching ponsel seri Nexus 5 di pasar gadget Indonesia. Bahkan ponsel dengan layar 5 inci ini sudah dapat ditemui di beberapa outlet penjualan ponsel Malang Raya, dengan harga Rp 5.8 juta.
“Ini merupakan ponsel pertama yang menggunakan Operating Sistem (OS) Android 4.4 KitKat. Jelas secara tampilan berbeda dengan ponsel yang menggunakan OS Android sebelumnya. Termasuk fitur di dalamnya juga banyak mengalami perubahan,’’ kata Promotor LG, Neni Kurnia Kartika Sari kepada Malang Post.
Salah satunya, adalah tertanamnya fitur OK Google. Fitur ini baru ditancapkan Google sang pembuat platform pada Android 4.4 KitKat. OK Google ini memberikan kemudahan kepada para pengguna ponsel. Terutama untuk keperluan pencarian atau browsing.
“Pengguna cukup mengucapkan ‘OK Google’ untuk memulai pencarian, mengirim pesan, bertanya arah atau memainkan musik, dengan satu suara,’’ kata Neni.
Aplikasi lain yang juga cukup menarik adalah Google Now, dimana penggna tinggal menggeser layar untuk menemukan sesuatu yang dicari. Bukan itu saja, KitKat juga memberikan kemudahan pengguna dalam hal menemukan jalan.
Menurut Neni, pada OS Android KitKat ini, Google mendisain ulang aplikasi Google Mapsnya. Tentu saja, pada desain barunya ini Google ingin menciptakan sesuatu yang mudah, sederhana dan lebih praktis.
“Pengguna bisa menemukan jalan dengan mudah, tanpa harus terganggu masalah kemacetan. Karena Google Maps, tidak hanya sekadar hadir dalam bentuk peta, tapi sekaligus memberikan informasi terkait kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan yang akan dilintasi,’’ tambahnya.
Paling terakhir dijelaskan gadis yang memiliki wilayah tugas di Erafone, Mall Olympic Garden (MOG) ini adalah Andoid KitKat ini Google juga menyertakan aplikasi Google Hangouts. Aplikasi ini dijelaskan Neni untuk membuat percakapan senyata aslinya, karena pengguna Nexus 5 dengan bebas mengirimkan aplikasi foto, emoji, atau video call secara gratis.
“Aplikasi ini bisa didapat dari Google+. Pengguna bisa mengirim foto melalui Google Plus atau media sosial lainnya, dan itu gratis,’’ tambah Neni.
Terkait dengan spesifikasinya Neni pun menjelaskan, perangkat baru ini dilengkapi dengan layar seluas 5 inci, full HD. Layar yang ditanam adalah jenis IPS, yang sudah tentu akan memberikan  sudut pandang yang lebih luas. Tidak hanya itu, pada interfacenya, LG juga menanamkan teknologi In Cell Touch Display. Sedangkan untuk perlindungannya, perangkat ini menggunakan Gorilla Glass 3.
Ponsel ini dibekali dengan dua kamera. Kamera belakang disupport dengan lensa berkekuatan 8 Megapiksel dengan OIS dan rear facing. Sedangkan kamera depannya menggunakan lensa 1.3 megapiksel. Secara dimensi, ponsel ini cukup pas saat digenggam, termasuk bobotnya, hanya 130 gram. Baterai yang ditanam berkapasitas 2300 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan hingga 300 jam, atau 17 jam untuk talktime. Sedangkan untuk internet, baterai tersebut mampu bertahan hingga 8.5 jam di sambungan WiFi.
“Ponsel ini dibekali dengan mesin yang handal. Yaitu Prosesor terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 800, quad core dengan kecepatan 2.26 GHz. Sedangkan grafisnya, LG Nexus 5 ini didukung dengan GPU Adreno 330,’’ tambah Neni.
Ia menambajkan, LG menyediakan wadah 16 GB dan RAM 2 GB. Tapi begitu, pada perangkat ini LG tidak memberikan slot memory tambahan. Sehingga pengguna pun harus mampu mengatur kapasitas isi dari ponselnya.(vik/fia)