Seri Galaxy Tetap Menggoda

MALANG – Hingga akhir Januari 2014, Samsung belum mengenalkan jenis ponsel baru kelas menengahnya. Sebab, beberapa ponsel kelas menengah besutannya masih sangat laris manis. Sebut saja Samsung seri Galaxy Young, Galaxy Fame, Galaxy Chat, Galaxy Core, Galaxy Ace 3, Galaxy Grand ataupun Galaxy Mega. Beberapa varian Galaxy ini masih memikat hati konsumen, lantaran masing-masing memiliki keunggulan. “Belum ada varian baru sebab produk-produk seri galaxy masih menjadi barang buruan,” ujar karyawan Cell-Cell Malang Plasa, Delly Wermina.
Dia menyebutkan, secara siklus penjualan, Galaxy Core, Galaxy Grand dan Galaxy Mega 5.8 inci menempati posisi teratas untuk ponsel Samsung kelas menengah. Keduanya memiliki kelebihan, yaitu sama-sama memiliki layar lebih luas dibandingkan seri lainnya. Seperti Samsung Galaxy Core dibekali dengan layar TFT seluas 4.3 inci, sementara Grand dibekali dengan layar TFT seluas 5 inci, sedangkan Galaxy Mega 5.8 inci. “Layar menjadi daya tarik tersendiri untuk produk ponsel, selain tentunya fitur dan spesifikasi yang lengkap,” tambahnya kepada Malang Post.
Dijelaskan dia, tiga produk ini banyak dipilih lantaran ketiganya masuk dalam katagori ponsel yang mengerti akan penggunanya. “Disebut sebagai ponsel pintar karena mampu menampung semua keinginan pengguna. Mulai dari chatting, browsing, bermain game atau menonton film, selain fungsi aslinya sebagai alat komunikasi,” urainya. Delly mengaku, jika seri Galaxy menengah lainnya memang mampu untuk bekerja di luar  fungsi komunikasi. Namun karena layarnya lebih kecil, sehingga mata konsumen pun tertuju pada tiga seri Galaxy tersebut.
Hal senada diungkapkan karyawan Karna Jaya Cell, Fitri Hidayah. Dia mengatakan jika Galaxy Core, Galaxy Grand dan Galaxy Mega menjadi produk best seller untuk merek Samsung. Namun begitu, bukan berarti seri lainnya ditinggalkan. Seperti Galaxy Y Neo yang merupakan varian terbaru Samsung, atau Galaxy Ace 3, tetap dilirik. “Jika diprosentase, paling tinggi memang Galaxy Mega, kemudian Core atau Grand. Setelah itu seri lainnya,” tegasnya.
Di kelas ponsel seri premium, Fitri menyebutkan Samsung Note 3 dan Samsung Galaxy S4 tetap dilirik konsumen. Ponsel seharga Rp 8 jutaan untuk Note 3 dan Rp 7 jutaan untuk S4 ini, diminati karena memang dua perangkat ini memiliki fitur yang lain dari yang lain, ditambah dengan spesifikasinya yang sangat handal. “Kalau kelas premium jangan ditanya lagi, tetap Note 3 dan S4 yang menjadi juaranya,” tandas dia. (vik/mar)