Tantang Teman di Game Center

MALANG – Game Centre merupakan aplikasi inti yang terdapat pada produk Apple. Tidak hanya iPhone, tapi Game Centre ini juga bisa dijumpai pada produk iPod touchscreen atau iPad. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, diantarannya pengguna dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan Apple. Salah satu fasilitas tersebut adalah penyimpanan Cloud. Penyimpanan Cloud ini meliputi contact game, find my iPhone, mail, reminder, pasbook, photo dan lainnya.
“Khusus game, pengguna Apple akan masuk langsung pada fitur Game Hub. Layaknya fitur Hub yang terdapat pada perangkat lain. Fitur ini memberikan kemudahan berhubungan kepada setiap pengguna Apple termasuk dalam hal permainan atau game, karena game yang terdapat pada perangkat akan tersingkronisasi dengan baik, dan dapat dimainkan bersama teman-teman,’’ kata pemilik Rolland Handphone, Andik Siswanto kepada Malang Post kemarin.
Pria yang tinggal di Bale Arjosari ini menjelaskan, menggunakan game hub, pengguna tidak hanya bebas bermain game. Tapi juga mengajak teman sesama pengguna Apple untuk bergabung. Bahkan, lebih serunya lagi menggunakan fitur tersebut, pengguna juga bisa menantang pengguna Apple lain untuk beradu dalam game yang sama-sama dimainkan.
“Ini serunya, kita tidak hanya sendirian bermain, tapi ada teman, dan ada kompetisi disini,’’ tambahnya.
Dia pun mencontohkan, salah satu game yang dimainkannya adalah Real Reacing 3. Dalam game ini Andik sudah berlomba 121 kali, dengan perolehan 605 point. Dengan point tersebut, Andik bisa menantang temannya, yang memiliki point lebih rendah ataupun point lebih tinggi. “Karena ada lawannya, permainannya jadi seru,’’ urainya.
Bukan itu saja, dengan fitur hub ini pengguna tidak perlu khawatir kehilangan game, sekalipun ponsel dilakukan updgrade iOS atau lainnya. Pengguna bisa memanggil kembali gamenya, menggunakan Apple ID.  
“Menggunakan Apple ID, game bisa dimainkan di perangkat Apple lain, dengan level serta teman yang sama. Jadi tidak perlu kawatir pengguna kehilangan game atau lainnya,’’ katanya.
Untuk bisa masuk  ke Game Hub ini, pengguna harus lebih dulu masuk pada aplikasi Game Centre. Setelah itu pengguna memasukkan ID Applenya. “Begitu singkronisasi ID Apple sukses, selanjutnya ada beberapa game yang sering kita mainkan pada perangkat Apple muncul,’’ katanya.
Untuk mengajak teman bermain, pengguna harus lebih dulu mengundang. Saat undangan diterima, seketika itu juga game bisa dimainkan. “Kita tidak hanya berteman dengan warga Indonesia, tapi juga warga asing,’’ tandas Andik. (vik/fia)