1700 WiFi ID terpasang di Malang Raya

MALANG –  Upaya PT Telkom Indonesia, untuk mendigitalkan wilayah Malang Raya betul-betul dilakukan. Terbukti, sejak program Indonesia Digital Society (Indiso) dibuat tahun 2013 lalu, pihak PT Telkom Indonesia telah berhasil memasang 1700 Akses Point (AP)  WiFi ID di wilayah Malang Raya.
“Targetnya tahun  2015 nanti ada 15 ribu AP terpasang di wilayah Malang Raya. Saat ini baru 1700 AP,’’ kata General Manager Wilayah Telkom (Witel) Jatim Selatan Edwin Aristiawan, di sela-sela acara penyerahan hadiah pemenang kejutan 8108 kemarin (3/2).
Dari jumlah 1700 tersebut, dikatakan oleh Edwin paling banyak masih di wilayah Kota Malang. Hampir seluruh sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, serta perguruan tinggi telah terpasang WiFi ID.  Tidak terkecuali tempat atau fasilitas umum, serta sentra ekonomi seperti café dan beberapa tempat hiburan di wilayah Kota Malang.
“Sekolah, menjadi prioritas untuk pemasangan WiFi ID,’’ tambah Edwin, yang mengatakan selama ini pemasangan WiFi ID ini tidak memiliki kendala apapun, dan berjalan dengan lancar. Dia juga berharap, banyaknya WiFi ID bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. “Dengan adanya WiFi ID ini warga tidak perlu lagi ke warnet, cukup membeli Spin Card, sudah bisa mengakses internet dari rumah sepuasnya,’’ urainya.
Dia juga sangat salut dengan warga Malang Raya yang memiliki keaktifan luar biasa dalam hal mengakses internet dengan menggunakan WiFi ID. Menurut data yang diperolehnya, penggunaan internet di Malang Raya menduduki posisi ke 3 se Indonesia.
Selain menjelaskan panjang lebar terkait jumlah dan fungsi WiFi ID, Edwin juga menjelaskan tentang program Pesta Rejeki Agen 8108 yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia. Program ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu, dan setiap bulannya selalu diundi untuk melakukan pemilihan pemenang. Program Pesta Rejeki Agen 8018 ini sangat berhubungan dengan WiFi ID yang dikembangkan selama ini.
“8108 ini merupakan akses untuk registrasi Speedy Instan, selain menggunakan Spin Card. Menggunakan kode tersebut saat masuk, pengguna akan mendapatkan user name dan password, yang dapat digunakan untuk melakukan akses internet dengan bebas,’’ tambahnya.
Meskipun awalnya banyak masyarakat awam terkait program ini, namun lambat laun masyarakat pun paham. Itu terbukti dengan, jumlah pengguna yang terus bertambah. Respon warga ditanggapi oleh pihak PT Telkom Indonesia, untuk kemudian mengundi setiap penggunaan kode tersebut. Setiap bulan selalu ada yang menang. Salah satu pemenangnya adalah Ega Prasetya Bumiriyanto. Warga Kota Malang ini tercatat sebagai pengguna yang aktif memasukkan kode 8108 untuk regestrasi penggunaan WiFi ID ataupun Speedi instan.
“Ega merupakan pemenang Pesta Rejeki Agen 8018, bulan Desember. Dia berhak mendapatkan hadiah ponsel Samsung Galaxy S4,’’ tandas Edwin.(vik/fia)