Masih banyak diminati

MALANG – Nama Galaxy Note 2, memang tidak pernah lekang oleh zaman. Terbukti, ponsel besutan Samsung yang sudah tidak diproduksi ini masih banyak diminati.  Konsumen tidak akan sungkan merogok kocek lebih dalam, untuk mendapatkan ponsel yang dikenalkan Samsung pada akhir 2012 lalu ini, baik dalam kondisi baru maupun kondisi second.
Di Erafone Mall Olympic Garden (MOG) contohnya, minimal sehari ada satu konsumen yang datang untuk menanyakan ketersediaan unit ponsel dengan layar seluas 5.5 inci tersebut. Kondisi yang sama juga terjadi di Global Teleshop MOG dan Oke Shop MOG, rata-rata satu konsumen datang untuk menanyakan ponsel berprosesor quad core itu.
“Sudah tidak di produksi, dan kami tidak memiliki stok. Dulu saat masih beredar, memang sangat laris,’’ terang Customer Service Global Teleshop, Silvy Novita kepada Malang Post.
Sementara di toko-toko tradisional, kondisinya juga tidak jauh berbeda. Hampir setiap hari ada konsumen yang datang menanyakan ketersediaan unit Samsung Note 2 ini. Namun begitu, konsumen harus pulang dengan tangan hampa, lantaran ponsel dengan kamera utama 8 megapiksel tidak ada.
Menurut Delly Wermina, sudah lama Samsung Galaxy Note 2 tidak ada di tokonya. “Terakhir harganya Rp 5.5 juta disini. Tapi sekarang sudah tidak ada,’’ kata Delly.
Sementara di toko modern, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 6.5 juta. Harga tersebut memang masih sangat tinggi untuk ukuran ponsel lawas. “Ponselnya memang cukup lama dikenalkan, tapi spesifikasinya sangat oke, ini yang membuat banyak orang berminat dengan Samsung Galaxy Note 2 ini,’’ urai Delly.
Wanita ini pun menjelaskan detail kelebihan ponsel yang telah dilengkapi dengan koneksifitas NFC ini.  Diantaranya adalah, ponsel ini telah mendukung jaringan 4G.  Sekalipun sudah cukup banyak ponsel menggunakan jaringan 4G, namun Samsung mengklaim jika ponsel dengan layar seluas 5.5 inci ini bisa internetan dengan lebih cepat.
“Jaringan 4G ini sangat memungkinkan pengguna bisa internetan dengan sangat cepat tanpa ada hambatan,’’ kata Delly Puspita
Selain itu, ponsel ini juga mengusung port video output pada fisiknya. Port video  output ini mampu menampilkan gambar dan video pada TV atau perangkat lain yang kompatible (MHL A/V link).
Sekalipun memiliki layar yang luas, dengan jaringan 4G, tapi ponsel ini sangat irit baterai. Alasannya jelas, kapasitas baterai yang ditanam adalah 3100 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan hingga 35 jam untuk bicara mode 2G dan 16 jam untuk mode 2G.
Paling penting adalah, Samsung telah menanamkan prosesor Quad Core dengan kecepatan masing-masing 1,6 Ghz. Selain memiliki kecepatan berinternet, mesin tersebut juga mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan cepat.
“Displaynya juga sangat menarik, lantaran perangkat ini sudah menggunakan layar dengan teknologi super AMOLED dengan resolusi yang tinggi pada 720 x 1280 p. Layar tersebut tidak hanya menampilkan kualitas warna yang tajam dan jernih, tapi juga sangat irit daya. Itu salah satu alasan baterai Note II ini sangat irit,’’ tambah Delly.
Sementara untuk kameranya, Samsung membekali ponsel ini dengan lensa berresolusi 8 megapiksel, dengan teknologi auto focus dan LED Flash. Selain itu fitu Geo-tagging, touch focus, face and smile detection dan image stabilization juga ditanamkan, untuk memberikan kemudahan serta kreatifitas pengguna dalam mengambil foto.
Sedangkan untuk merekam video, ponsel ini mampu melakukan perekaman video HD pada 1080p @ 30fps. “Sementara untuk kamera depannya mendukung sensor 1.9 megapiksel,’’ tambah karyawan Cell-Cell Malang Plaza ini.
Spesifikasi dan fitur lain yang ditanam pada ponsel ini adalah WiFi dengan fitur hotspot, yang memungkinkan pengguna berbagai koneksi internet dengan perangkat lainnya. Kemampuan menentukan lokasi  pengguna yang lebih cepat dengan GPS, juga menjadi daya tarik tersendiri, serta dukungkan teknologi NFC yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui ponsel dengan perangkat komunikasi tanpa kabel lainnya
Sementara Wifi yang cepat  dengan 802.11 n yang mampu melakukan tranfer data hingga 150 mpbs. Pengguna juga bisa bebas memutar musik atau mendengarkan berita dari stasiun radio favorit.
“Kapasitas penyimpanan internalnya 64 GB. Pengguna bisa menyimpan berbagai file data, foto, musik maupun video, tanpa khawatir kehabisan memori penyimpanan,’’ katanya.
Dalam kondisi baru, Galaxy Note 2 dibandrol dengan harga Rp 5,5 juta, namun saat ini hanya tersedia produk second dengan kisaran harga Rp 4 juta hingga 4.5 juta. “Tergantung kondisinya, jika masih mulus penjualan second bisa mencapai Rp 4.7 juta,’’ tandasnya. (vik/fia)