Update Lumia Black Beri Pengalaman Baru

Aplikasi Nokia 1020 bisa diupdate melalui Lumia Black

MALANG– Kabar gembira untuk pengguna ponsel  berbasis Windows Phone, Lumia. Itu seiring dengan sang pabrikan mulai meluncurkan pembaharuan untuk smartphone besutannya itu. Pembaharuan yang signifikan diberi nama Lumia Black. Pembaharuan atau bahasa kerennya update yang terdapat di Lumia Black ini tidak sekadar memperbaiki bug (kesalahan dalam program), namun juga memberikan aplikasi tambahan, layaknya Operating System (OS) Android. Supervisor Oke Shop Malang, Fendy Eko Damantoro menjelaskan update Lumia Black ini awalnya hanya berlaku pada Nokia Lumia 1020 dan Lumia 925.
Namun belakangan, Nokia juga menyediakan update untuk seri 920, 820, 720, 625, 620 dan 520. “Pengguna Lumia dengan sistem operasi Windows Phone 8 silahkan mengecek ketersediaan update terbarunya. Jika ada, langsung lakukan update,” jelasnya sambil mengatakan update Lumia Black akan memberikan pengalaman baru untuk pengguna Lumia yang berbasis Windows Phone 8.  Diantaranya ketersediaan tersebut adanya aplikasi App Folder. Aplikasi ini berfungsi untuk mengumpulkan aplikasi dalam satu folder.
Selain itu ketersediaan fasilitas fotografi yang lebih lengkap, kustomisasi ringtone untuk kontak, serta menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan mudah.  “App Folder ini bisa didapat dari Windows Store. Dengan App folder ini pengguna bisa membuat halaman depan ponselnya dengan lebih rapi, dan akan memudahkan akses aplikasinya,” tambahnya. Sementara untuk fasilitas lainnya adalah menutup aplikasi. Biasanya saat pengguna Lumia melakukan mode multitasking, untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dilakukan langkah manual.
Namun begitu, dengan update Lumia Black ini, terah tersedia tombol X untuk mengakhiri aplikasi tersebut.  “Para pecinta fotografi, update Luma Black ini menghadirkan banyak perbaikan. Diantarannya adalah Nokia Refocus, untuk Lumia Windows Phone  8 dengan RAM minimal 1GB. Pengguna bisa menikmati fitur yang memungkinkan untuk mengatur fokus dari foto yang diambil,” urainya.  Sementara fasilitas fotografi lainnya adalah Nokia Camera. Dengan update OS terbaru kini telah tersedia untuk diunduh oleh semua Lumia berbasis Windows Phone 8.
Selanjutnya adalah dukungan RAM DNG untuk Lumia 1020, fitur ini sebelumnya ada di Lumia 1520 dan kini hadir untuk pengguna Lumia 1020. “Masih banyak sebetulnya fasilitas lain yang dapat dinikmati dari Lumia Black ini. Seperti aplikasi Nokia Storyller, Nokia Beamer untuk kemudahan pemindahan berbagai file lalu Nokia Glance Screen 2.0 untuk notifikasi yang lebih baik,” tandasnya. (vik/mar)