Travel Adapter Warna Warni Makin Menarik

MALANG– Maraknya penjualan ponsel, mengundang kreatifitas perusahaan elektronik untuk menciptakan aksesorisnya.  Selain power bank, yang sudah umum dijual, pihak perusahaan juga menciptakan berbagai aksesori menarik untuk kelengkapan perangkat baik ponsel pintar ataupun tabletnya. Salah satunya adalah travel adapter.   Perangkat penghubung antara kabel  data dengan ponsel untuk kebutuhan pengisian baterai ini sangat laris. Terlebih sekarang ini, lantaran travel adapter tidak hanya berbentuk kotak standar, atau mirip aslinya, tapi banyak berusahaan yang mengenalkan adapter dengan warna-warna yang lucu.
Salah satu perusahaan yang menciptakan adapter lucu tersebut adalah Hi. Perusahaan asal Cina ini, menciptakan berbagai varian travel adapter. Ada yang memiliki bentuk persegi panjang, dengan dua kaki untuk colokan, serta bagian belakangnya terdapat lobang untuk USB. Ada juga yang berbentuk kubus.  Menariknya, meskipun memiliki banyak variasi, travel adapter ini dibanderol dengan harga yang relatif sangat murah.
Karyawan Zona Tech, Jalan Bendungan Sigura-gura Malang, Ahmad Khumaidi mengatakan jika travel adapter warna-warni ini hanya dibanderol dengan harga Rp 10.000. “Saat ini memang sedang ada promo, Rp 10.000 saja, kalau harga normalnya Rp 15.000,” katanya. Layaknya travel adapter original, travel adapter kubus warna-warni ini  memiliki input bervariasi. Tapi umumnya, travel adapter ini menggunakan input atau tenaga listrik 100-240V, dengan frekuensi 50-60 Hz0.35A.  Sedangkan outputnya bervariasi, mulai dari 0.5 A-2A.  
“Kalau yang kubus ini outputnya hanya 1.0A saja,” kata Khumaidi.  Output yang ada pada perangkat ini dikatakan dia sangat mempengaruhi lama tidaknya pengisian baterai. Namun begitu, kapasitas baterai juga mempengaruhi.  “Jika normal, 1 sampai 1,5 jam pengisian, baterai berkapasitas 1500-1800 mAh bisa penuh menggunakan travel adapter dengan output 1.0A. Untuk kapasitas baterai yang lebih besar, tentunya akan lebih lama pengisiannya,” pungkasnya. (vik/mar)