OS Terkini, Minim Memori

MALANG  –  Banyaknya vendor lokal yang bermain di segmen ponsel Android membuat operating system yang satu ini semakin ramah di kantong. Salah satu ponsel yang masuk dalam daftar android murah meriah adalah Evercoss A7T. Meskipun hadir dengan spesifikasi yang mumpuni, perangkat ini cukup terjangkau. Itu terbukti, beberapa toko menjual perangkat ini dengan harga kisaran Rp 700 ribuan.
Marketing Shinta Cell Malang Plaza, Juli Astuti, menjelaskan Evercoss A7T hadir dengan layar sentuh seluas 4 inci. Teknologi WVGS yang diusung mampu memancarkan resolusi 480 x 800 pixel. Layar yang digunakan memang tidak terlalu istimewa namun cukup wajar untuk ukuran ponsel seharga di bawah Rp 1 jutaan.
Sementara untuk  ‘jeroannya’, Evercoss pun tidak ingin kalah dengan produk dari vendor global. Itu dibuktikan dengan ditanamnya prosesor dual core dengan clockspeed 1,3Ghz yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 256 MB.
Minimnya RAM membuat Evercoss A7T ini memiliki kemampuan terbatas untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat.
Sebagai pelengkap, pabrikan menanamkan wadah penyimpanan data internal sebesar 2 GB.  Kapasitas tersebut bisa ditingkatkan menajdi 32 GB dengan memori tambahan jenis micro SD.
Kelebihan yang cukup mencolok ada pada kamera. Kendati harganya hanya Rp 700 ribu, namun Evercoss berani menanamkan kamera berresolusi 5MP yang sudah didukung dengan kemampuan auto focus. Untuk kebutuhan foto selfie maupun video call, terdapat kamera berresolusi 1,3 MP tertanam di atas layar.
“Banyak fitur pendukung yang ditanamkan Evercoss pada ponsel pintar barunya ini. Contohnya seperti GPRS, EDGE, 3.5G, HSDPA, Bluetooth, Wireless LAN (Wi-fi), USB Modem, WiFi Tethering untuk sektor konektivitas. Sedangkan sektor multimedianya terdapat MP3 Player, Audio Player, Sound Recorder, Video Recorder, Radio FM dan Webcam,’’ tambahnya.
Ponsel ini hadir dengan warna hitam, putih dan merah, dengan dukungan baterai berkapasitas 1.300 mAh.(vik/fia)