Nokia Android Meluncur Akhir Februari

TEKA-teki kehadiran ponsel Android Nokia makin terkuak. Beberapa waktu silam, Nokia menyebar undangan sebuah event yang akan dilakukannya pada ajang MWC 2014. Meski dulu hanya sebatas isu, kini hampir dipastikan ponsel Android Nokia akan diungkap dalam acara tahunan tersebut.
Seperti dilansir Wall Street Journal, disebutkan ponsel bersandi Normandy itu akan diumumkan akhir Februari ini. Memang tidak dijelaskan waktu tepatnya, namun undangan yang disebar Nokia bisa jadi akan menjawabnya.
Informasi lain yang terungkap adalah absennya kehadiran aplikasi Google Play. Dikatakan Nokia justru akan membekali ponsel yang disinyalir memiliki nama Nokia X ini dengan layanan miliknya sendiri dan juga Microsoft. Ditambah juga dengan tampilan ala Windows Phone yang makin menghilangkan kesan Android yang diusungnya.
Berbicara spesifikasi, seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (11/2/2014), masih belum berubah dari isu sebelumnya. Konon Nokia X akan dipersenjatai prosesor dual-core Snapdragon 200, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, dan layar 4 inch dengan resolusi WVGA.
Dengan spesifikasi tersebut, tak salah bila Nokia X memang sengaja ditempatkan Nokia sejajar dengan varian Asha atau di segmen ponsel murah. Pun begitu, analis menyebut Nokia X kemungkinan malah akan ‘memangsa’ Lumia 520 yang kini menguasai 30 persen penjualan ponsel Nokia.(phn/fia)