Tak Mau Terikat Android, Garap Ponsel Jolla

JAKARTA - Meski Android memberikan kesuksesan besar bagi Samsung lewat seri Galaxy, perusahaan asal Korea Selatan ini nyatanya tak mau terlalu bergantung pada sistem operasi milik Google itu.
Jolla, ini merupakan OS yang disebut-sebut telah dipersiapkan untuk dibenamkan oleh Samsung di ponsel terbaru andalannya. Tidak seperti ponsel berbasis Tizen yang makin tidak jelas waktu peluncurannya, ponsel Jolla Samsung justru santer diisukan bakal meluncur tak lama lagi.
Menariknya, bocoran penggunaan OS Jolla pada ponsel Samsung justru dibocorkan sendiri oleh salah satu engineer OS Jolla bernama Hari Hakulinen melalui via Twitter. “Mungkin tidak bijaksana untuk bertukar Samsung lama ke Lumia baru, karena Anda mungkin mendapatkan OS Sailfish Jolla segera (pada ponsel Samsung),” kicau Hakulinen, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (13/2/2014).
Penggunaan OS Jolla oleh Samsung sendiri memang dimungkinkan. Selain sebelumnya sukses dijalankan pada ponsel Nexus 4 dan tablet Nexus 7, OS yang belum lama diluncurkan ini memiliki fleksibilitas yang mampu menjalankan aplikasi berbasis Android di dalamnya.
Atau dengan kata lain, Samsung tak perlu lagi repot-repot meracik ponsel khusus untuk menjalankan OS Jolla. Dengan jajaran seri Galaxy yang dimilikinya saja, bisa dibilang Samsung dapat dengan mudah menghadirkan ponsel berbasis OS Jolla.
Pun begitu, jangan harap menemui ponsel OS Jolla besutan Samsung di segmen kelas atas, Sebab Samsung hanya akan menggunakan OS Jolla untuk ponsel yang mengisi segmen low-end. (dtc/nda)