Serba Super untuk Fitur Kamera

Lumia 1520
MALANG –   Ponsel tidak sekadar hadir sebagai alat komunikasi, namun fungsinya sudah berkembang sebagai perangkat fotografi ataupun alat rekam gambar. Lantaran itulah, banyak vendor yang menanamkan kamera dengan teknologi paling canggih pada setiap produk smartphonenya. Tidak terkecuali Nokia.
Pada produk barunya, Lumia 1520, Nokia tidak hanya menanamkan kamera dengan kekuatan lensa 20 megapiksel. Tapi, pabrikan asal Finlandia ini juga menanamkan berbagai teknologi dan aplikasi pendukung, yang berfungsi menghasilkan foto terbaik.  
Diantaranya, ditanamkannya lensa dengan teknologi PureView  berkekuatan 20 megapiksel, pada aplikasi iKamera. Pengguna tidak sekadar mendapatkan foto atau gambar terbaik, tapi juga mampu melakukan zoom in, dan membuat potongan-potongan foto yang berbeda.  Aplikasi pro camera yang ditanam pun memberikan keleluasaan pengguna untuk mengendalaikan shutter speed, focus, exposure maupun white balance.
Tapi dari sekian aplikasi ini, Nokia tidak lepas dari Optical Image Stabilization dengan 6 lapisan lensa buatan Carl Zeiss. “Lensa Carl Zeiss merupakan lensa terbaik untuk kamera, dan pada Nokia Lumia 1520 ditanam enam lapisan lensa, ditambah dengan teknologi PureView dan Pro Camera, akan memberikan hasil foto yang lebih jelas dan detail,’’ kata marketing Tiga Putra Elisa.
Tidak hanya hasil yang memuaskan, Elisa mengatakan kelebihan kamera pada Lumia 1520 tertanamnya teknologi dual capture. Teknologi ini dikenal pada kamera profesional. Namun pada ponsel barunya ini, Nokia mampu menghadirkannya. Dual Capture,  prinsipnya sama seperti fotografi HDR yaitu menggabung dua foto yang berbeda eksposure. Namun bedanya dengan teknik HDR, pengguna  tidak perlu memotret beberapa foto untuk digabung di komputer, cukup sistem internal sensor EXR yang melakukannya.
“Prinsipnya, setengah dari jumlah piksel di sensor EXR akan menangkap foto dengan eskposure yang lebih tinggi (terang), sementara setengahnya lagi bertugas mengambil foto dengan eksposure lebih rendah (gelap). Kedua foto yang berbeda eksposure tersebut digabung oleh prosesor internal kamera dan hasil akhirnya adalah sebuah foto 5 MP yang punya jangkauan dinamik lebar, dan lebih mudah dishare,” kata Elisa yang menceritakan detail kelebihan kamera Lumia 1520.
Sedangkan untuk spesifikasinya sendiri ponsel dengan harga resmi Rp 9.75 juta merupakan ponsel dengan layar IPS seluas 6 inci. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Windows Phone 8 Black. Sedangkan mesinnya, perangkat ini dibekali dengan chipset jenis Qualcomm Snapdragon 800. Prosesor, quad core dengan kecepatan masing-masing 2.2 GHz. Mesin tersebut mampu menjalankan berbagai aktifitas dengan sangat cepat, apalagi dengan adanya dukungan memory RAM 2 GB. Sementara untuk mendukung grafisnya, perangkat ini telah dilengkapi dengan  chip grafis Adreno 330. (vik/nda)