Berkat ColorOS, OPPO Find 5 Tampil Lebih Joss

MALANG – Beberapa waktu lalu, OPPO mengenalkan salah satu jagoan barunya, yaitu OPPO Find 5 mini. Ponsel dengan kode R827 ini tidak hanya hadir dengan desain yang elegan, namun juga hadir dengan berbagai kelebihan.
Salah satunya, ponsel dengan luas layar 4.7 inci ini telah didukung dengan ColorOS. ColorOS merupakan operating sistem yang dikembangkan OPPO dengan basis Android 4.2 Jelly Bean.  ColorOS sendiri kali pertama dikenalkan OPPO pada produknya N1. Selanjutnya, OS tersebut ditanam pada OPPO Find Neo dan OPPO Find 5 Mini.
ColorOS hadir untuk memberikan kemudahan pengguna melakukan berbagai aktifitas dengan ponsel, sekaligus mampu memunculkan interface yang memuaskan. “ColorOS ini hadir sebagai UI kustomisasi OPPO yang berbasis Android dengan grafis, artistic, fitur gesture, serta keamanan privasi. ColorOS ini didukung dengan CPU quad core dan RAM 1GB,’’ kata promotor OPPO, Ahmad Muzakky kepada Malang Post kemarin.
Selain itu pria yang kerap dipanggil dengan nama Zacky ini mengatakan fitur gesture dari ColorOS ini untuk mendukung kinerja ponsel lebih cepat dan opraktis. Itu karena pengguna hanya perlu melakukan satu langkah yaitu menggeser layar untuk membuka aplikasi yang diinginkan.
“Contohnya pengguna mau membuka aplikasi musik, pengguna hanya perlu menempelkan dua jari di layar dan menggesernya ke bawah, seketika itu aplikasi musik akan terbuka. Untuk melangkah ke lagu selanjutnya, pengguna cukup menggambar segitiga di layar,” tambah pria berkacamata minus ini.
Sementara untuk masuk ke menu kamera, Zacky pun mengatakan sangat simple. Pengguna hanya perlu menggambar lingkaran. Seketika itu juga langsung masuk ke menu kamera. “Kalau menulis huruf V di layar, pengguna langsung masuk ke menu senter, praktis kan,” urainya.
Selain ColorOS tersebut, kelebihan lain yang terdapat pada OPPO Find Mini adalah, hadirnya menu Guest Mode. Menu Guest Mode ini akan menjaga privasi pengguna saat ponselnya dipinjam orang lain. Pengguna dapat membuat dua pola pembuka kunci di layar, satu untuk akses lengkap untuk dirinya sendiri, satu lagi untuk orang lain. Dalam Guest Mode, pengguna dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat dilihat orang lain ketika ponselnya dipinjam.
Terakhir adalah hadirnya glover mode. Mode ini memberikan keleluasaan pengguna saat menyentuh layar meski menggunakan sarung tangan. “Layar sensitif pada OPPO Find 5 mini ini mampu menjalankan perintah sentuhan jai meskipun dilapisi dengan sarung tangan,” katanya.
Ponsel ini juga dilengkapi dengan banyak sensor yang memudahkan pengguna. Salah satunya, pengguna tidak perlu menyentuh layar saat menerima telepon, cukup mendekatkan ponsel ke telinga, komunikasi bisa langsung dilakukan,” tambahnya.
Terkait dengan spesifikasi OPPO Find 5 Mini sendiri, Jacky menjelaskan, jika ponsel ini memiliki dimensi 137 x 68 x 7.7 mm. Mengusung layar IPS seluas 4.7 inci, OPPO Find 5 Mini memiliki berat 128 gram. Ponsel ini memiliki dapur pacu yang handal, karena berjalan dengan prosesor quad core masing-masing memiliki kecepatan 1.3 GHz. Sedangkan kameranya, ponsel ini mendukung dua kamera, masing-masing 8 megapiksel untuk kamera utama dan 2 megapiksel untuk kamera sekundernya. “Perangkat ini dibanderol dengan harga resmi Rp 3.699.000,’’ tandas Jacky. (vik/nda)