Kelud Erupsi, Operator Pastikan Jaringan Aman

MALANG – Erupsi Gunung Kelud Kamis (13/2) malam lalu sama sekali tidak mengganggu jaringan operator seluler. Aktifitas komunikasi maupun jaringan internet tetap berjalan normal. Hal ini kemarin (14/2) dikatakan oleh Humas PT Telkom Witel Jatim Selatan, Elizabet. Dihubungi Malang Post tadi malam, wanita ini mengatakan sejak erupsi pertama yang terjadi pukul 21.20 Kamis malam lalu hingga siang kemarin, jaringan Telkom sama sekali tidak terganggu. Gangguan justru terjadi pukul 13.00 kemarin. Namun begitu gangguan tersebut hanya berlangsung 10 menit saja, kemudian kembali normal.
“Saat erupsi pertama hingga pukul 13.00 kemarin relatif aman, baik telepon rumah, fleksi, termasuk jaringan Telkomsel, relatif aman. Gangguan baru terjadi pukul 13.00. Tapi 10 menit kemudian setelah dilakukan perbaikan sistem, semuanya kembali normal hingga sekarang,’’ katanya.
Elis mengatakan, pihaknya seketika sigap, begitu mendapatkan informasi Kelud meletus. Bahkan, kesiapan itu dilakukan sejak jauh hari sebelumnya. “Kami sudah menyiapkan tim untuk mengatasi gangguan jaringan. Tapi Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada gangguan yang berarti,’’ kata Elizabet.
Namun begitu, sebelumnya pihak Witel Jatim Selatan sudah membuat berbagai persiapan. Diantarannya menyiapkan Satgas Layanan Telkom untuk bencana Kelud, dengan  menyiapkan layanan internet di posko utama di Kediri Astinet 10 MB,  Speedy Astinet 5 MB layanan wartawan baik lokal maupun nasional.
PT Telkom juga menyediakan telepon gratis di posko utama dan tiga titik utama Wates, Pare dan Kandangan, untuk digunakan warga pengungsi selama dalam pengungsian.
Sementara untuk menanggulangi kerusakan layanan, Telkom juga mendatangkan back up genset dari Surabaya, Madiun dan Nganjuk. ‘’Selama statusnya masih ditetapkan Siaga Bencana hingga 12 Maret, Satgas Bencana masih tetap tanggap darurat,’’ katanya sembari mengatakan pihaknya juga menyiagakan tim teknik di posko sejak 2 hari lalu.
Terpisah, Departemen Of Sales PT Indosat, Malang Erwiyati Lestari juga mengatakan yang sama. Sejak erupsi pertama tidak ada gangguan terhadap jaringan Indosat. Sementara ini aktifitas voice, sms dan internet di wilayah yang kena dampak erupsi Kelud tetap berjalan lancar.
“Tidak ada gangguan. Sampai saat ini. Kami juga masih terus memantau, perkembangannya,’’ kata wanita yang kerap dipanggil Eri ini.
Namun begitu, meskipun tidak ada gangguan, pihaknya tetap memperhatikan nasib para korban erupsi gunung Kelud. Melalui program CSR Isat pihak Indosat menyediakan mobil klinik di beberapa pengungsian. Mobil klinik ini diberikan untuk pengobatan gratis para korban gunung Kelud.
“Kami menyediakan obat-obatan gratis, makanan dan air bersih. Untuk kelancarannya kami juga berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait,’’ katanya dihubungi tadi malam.
Sementara PT XL Axiata Tbk (XL) memastikan jaringan di sekitar lokasi bencana letusan Gunung Kelud relatif aman dan tidak mengalami gangguan yang berarti. Karena itu, layanan kepada pelanggan dan masyarakat tetap bisa berjalan secara normal.
Guna membantu korban bencana, XL juga segera menyalurkan bantuan kepada warga korban.
Melalui rilis resminya VP East Region XL, Titus Dondi mengatakan akan berusaha membantu aktivitas penganangan bencana secara maksimal dari sisi telekomunikasi.
“Team kami juga sudah ada di lapangan untuk terus memantau kondisi yang ada, baik menyangkut bantuan untuk korban maupun memastikan kondisi jaringan agar tetap bisa melayani masyarakat,” katanya.
Titus menambahkan, ada setidaknya 37 BTS di radius hingga 30 km, sebanyak 2 BTS di antaranya bahkan ada di radius kurang dari 9 km dari puncak Gunung Kelud. Sebagai antisipasi, XL akan memastikan ketersediaan genset dan tim yang bersiaga untuk segera mengatasi segala kemungkinan yang terjadi. XL juga menyiapkan 2 unit Mobile BTS.
Guna membantu aktivitas aparat terkait dan relawan menanggulangan bencana, XL juga akan menyiapkan bantuan telekomunikasi, termasuk TUG (telepon umum gratis), pulsa, kartu SIM, dan akses internet di lokasi pengungsian. Selain itu, juga telah disiapkan dan segera akan dikirimkan bantuan berupa antara lain bahan-bahan pokok, obat-obatan, genset, dan peralatan tinggal di pengungsian. XL juga menyiapkan SMS donasi bagi seluruh pelanggan XL yang ingin berpartisipasi membantu korban bencana. Caranya dengan mengirimkan SMS, ketik KELUD kirim ke 5000 dan 2500 untuk donasi Rp. 5000 dan Rp. 2.500 (vik/fia)