XL Pantau Jaringan Telekomunikasi, Ketik SMS Bantuan Kelud

MALANG – Erupsi Gunung Kelud mengundang banyak simpati. Tidak terkecuali operator telekomunikasi. Salah satu operator yang mendirikan posko tersebut adalah PT. XL Axiata (XL). Sejak beberapa hari sebelum erupsi terjadi, tim CSR XL sudah berada di lapangan. “Kami sudah di lapangan sejak tiga hari sebelum erupsi terjadi. Kami terus melakukan pemantauan, mulai dari status siaga hingga awas. Saat ini tim masih berada disana, dan terus melakukan pemantauan,” kata Corporate Communication XL East Region, Putro Pamungkas dihubungi Malang Post kemarin.
Dalam misi kemanusiaan yang dilakukan, pihak XL juga tidak melupakan misi meningkatkan revenue. Itu terbukti selain memberikan berbagai sumbangan kepada para korban, XL juga menyiapkan bantuan telekomunikasi. Bantuan telekomunikasi tersebut berwujud telepon umum gratis (TUG), pulsa, kartu SIM, dan akses internet di lokasi pengungsian. “Kami turut prihatin atas bencana alam ini dan akan berusaha untuk membantu aktivitas penanganan bencana semaksimal yang kami mampu dari sisi telekomunikasi,” tambah VP East Region XL.  Titus Dondi.
Dia menjelaskan, timnya masih terus berada di lapangan untuk terus memantau kondisi menyangkut bantuan untuk korban maupun memastikan jaringan agar tetap bisa melayani masyarakat. Selain layanan komunikasi, XL juga memberikan bantuan berupa bahan-bahan pokok, obat-obatan, genset, dan peralatan tinggal di pengungsian. Bantuan tersebut sudah didistribusikan kepada para korban, baik di wilayah Kediri, Blitar maupun Malang. XL juga mengajak warga untuk ikut berpartisipasi membantu para korban.
Yaitu dengan cara mengirimkan SMS, ketik KELUD kirim ke 5000 dan 2500 untuk donasi Rp. 5.000 dan Rp 2.500. Seperti diketahui, saat erupsi Gunung Kelud terjadi pihak PT XL Axiata Tbk (XL) memastikan jaringan di sekitar lokasi bencana letusan Gunung Kelud relatif aman dan tidak mengalami gangguan yang berarti. Karena itu, layanan kepada pelanggan dan masyarakat tetap bisa berjalan secara normal. Putro juga mengatakan, total pelanggan XL di daerah sekitar Gunung Kelud (Malang, Batu, Kediri, Blitar, Jombang, Tulung Agung, Mojokerto) sekitar 2 juta pelanggan. (vik/mar)