Satu Tombol untuk Akses Foto

Dengan sensor Exmor R kamera 8 megapiksel, hasil jepretan Sony Xperia C lebih keren.

MALANG – Keberadaan kamera pada ponsel saat ini tidak kalah penting dengan fitur telepon dan SMS. Lantaran itulah banyak vendor yang menanamkan kamera yang dikombinasi dengan teknologi terbaik. Tujuannya jepretan kamera ponsel setara dengan hasil jepretan kamera DSLR.  Sony, pada salah satu produknya yaitu  Xperia C, betul-betul menanamkan banyak teknologi mumpuni, yang membuat hasil jepretan kamera ini lain dari pada yang lain.
Promotor Sony Erlinda Tri Yulianti menyebutkan, Sony membekali Xperia C dengan kamera berresolusi 8 megapiksel. kamera tersebut sama seperti yang tertanam pada Samsung Galaxy Mega 5.8 ataupun LG G Pro Lite. Namun begitu, hasil, jepretan Sony Xperia C lebih bagus. Warna yang tampak pada hasil jepretan Sony Xperia C lebih tajam, gambarnya juga lebih jernih. “Sensor Exmor R, salah satu tenologi yang berbeda, tertanam pada Sony Xperia C. Sensor Exmor R ini berfungsi untuk mendapatkan cahaya lebih banyak dari sensor standart,’’ katanya.
Selain itu, Sony juga menyediakan tombol shutter. Sehingga sangat memudahkan pengoperasian kamera. Dengan memanfaatkan tombol shutter kamera dan fitur Quick Launch, pengguna bisa dengan mudah menggunakan kamera, dari menu apapun atau ketika sedang membuka apps lain. “Quick Launch ini memiliki beberapa pengaturan, seperti langsung jepret foto begitu menahan tombol kamera dari aplikasi lain, langsung rekam video, ataupun hanya sekadar membuka aplikasi kamera saja,’’ kata wanita berambut panjang ini.
Linda juga mengatakan, kamera Sony Xperia C ini hadir dengan beberapa mode, diantarannya Normal, Video Camera, Picture Effect, Sweep Panorama, Scene Selection, Frame Camera dan Frame Video.
“Fitur yang ditanam pada kamera Sony Xperia C juga banyak. Diantarannya Portrait Retouch. Fitur ini seperti Beauty Mode. Hanya saja resolusinya  diturunkan menjadi 2 megapiksel,’’ katanya lagi
Sedangkan untuk flash, pengguna juga bebas memilih. Yaitu auto, fill, atau off. Pengguna juga dapat memilih resolusi atau self timer. Self-portrait voice guide, juga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan kamera. Melalui suara yang keluar dari loud speaker, ponsel akan mendeteksi wajah dan menginstruksikan pengguna untuk memegang ponsel ke arah yang benar dan secara otomatis memotret wajah dengan menggunakan kamera belakang.
“Fitur lainnya adalah Smile shutter, Focus Mode, exposure value, HDR, White balance, ISO, Metering, Geotagging dan preview, touch capture, shutter sound, data storage,’’ kata Linda, yang mengatakan berbagai mode dan fitur tersebut bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Kamera ponsel ini juga bisa merekam video dengan kualitas HD.(vik/fia)