Kinerja Cepat, Kingston Kenalkan Hyper X

MALANG – Kingston kembali mengenalkan Solid State Drive (SSD) terbarunya, yaitu Hyper X. Perangkat baru tersebut diyakini akan banyak diminati. Terutama untuk pengguna Notebook atau PC, yang menginginkan kinerja perangkatnya lebih kencang. Marketing Galaxy Solusindo, Tlogomas, Abdul Nashor menjelaskan, bagi pecinta produk notebook atau PC, istilah SSD memang tidak asing.  SSD memiliki fungsi sebagai memory flash seperti Flash Disk atau Hard Disk.
Namun begitu, yang membuat SSD berbeda adalah, perangkat ini mampu mengkopi data dengan lebih cepat. “Data berkapasitas 1 GB bisa dikopi hanya 7 detik, sedangkan booting windows hanya membutuhkan waktu 3 detik,” kata Anas, begitu dia kerap dipanggil.  Kecepatan tersebut dikatakannya, tak lain karena Kingstone Hyper X, memiliki kompunen dalam berbentuk chip. Sekalipun tidak menjelaskan detail untuk komponen tersebut, namun secara fungsi dan kimerjanya, perangkat ini sangat luar biasa.
“Untuk chipset yang digunakan adalah SandForce 2, dengan interface SATA 3,’’ katanya, sembari mengatakan dengan dua teknologi tersebut, dipastikan akan memberikan kepuasan lantaran kinerja laptop atau notebook sangat luar biasa.  Bahkan Anas memastikan, kinerja notebook dengan prosesor dual core yang dibekali dengan SSD Hyper X ini lebih cepat dibandingkan dengan kinerja Notebook yang menggunakan prosesor core i3.
Sementara itu secara desain SSD yang satu ini dibuat mewah dan kokoh. Ukurannya juga tidak terlalu berat, sehingga perangkat ini sangat mudah dimasukkan ke dalam notebook. “Biasanya notebook mahal seperti milik Apple menggunakan SSD ini. Untuk notebook standar biasanya tidak, maklum harganya juga mahal,” tandas Anas. SSD ini berkapasitas 1 GB ini dijual dengan  harga Rp 1,5 jutaan. (vik/mar)