KasKus Pun Hadir di Nokia Windows Phone

MALANG – Tidak puas hanya hadir di perangkat berbasis Android, KasKus mengembangkan sayap dengan hadir di perangkat berbasis Windows Phone. Situs komunitas dunia maya terbesar di Indonesia ini bisa diakses dengan bebas di perangkat berbasis Windows Phone, terutama Nokia Lumia. Kehadirannya pun mendapat respons para pengguna Lumia, yang kemudian berbondong-bondong mendowload situs tersebut ke ponselnya. Sekilas memang tidak ada perbedaan tampilan KasKus di Windows Phone maupun di Android atau iOS.
Namun jika diteliti lebih lanjut, ternyata banyak perbedaan ditemui. Promotor Nokia Malang, Lutfianto menjelaskan, secara tampilan KasKus di ponsel berbasis Windows Phone tidak berbeda dengan di PC. Selain berisi forum jual beli, situs ini juga menyediakan fitus seperti hot read atau kaskus HQ yang memuat event.  “Seperti diketahui, KasKus merupakan situs forum komunitas, yang diciptakan sejak tahun 1999 lalu. Pada situs ini pengguna tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang berbagai hal, pengguna juga akan mendapatkan kemudahan saat ingin melakukan jual beli barang,” katanya.
Lutfi, panggilannya juga mengaku senang dengan masuknnya situs forum KasKus ini di ponsel Windows Phone.  Itu karena pengguna Lumia tidak perlu lagi repot-repot saat ingin mencari solusi. “Cukup masuk di KasKus di ponsel Lumia, banyak jawaban yang akan kita dapatkan,’’ terang dia.  Sementara itu KasKus sendiri kali pertama dikenalkan tanggal 6 November 1999. Situs forum ini diciptakan oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus dan Budi Dharmawan yang saat itu melanjutkan studi di Amerika Serikat.
Situs ini dikelola oleh  PT Darta Media Indonesia. Sejak dikenalkan hingga pertengahan 2012 lalu, Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus yang biasa disebut sebagai KasKuser ini umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. Dari sumber Wikipedia disebutkan KasKus merupakan singkatan dari Kasak Kusuk. Dibuat berdasarkan sekadar hobi dari komunitas kecil. (vik/mar)