Satu Perintah, Deteksi Wajah

Smartphone Sony Xperia C hadir dengan fitur menawan seperti Self-Portrait Voice Guide.

Sony Xperia C
MALANG – Tidak semua produk smartphone dari vendor global dijual dengan harga sangat mahal, apalagi dengan spesifikasi yang cukup lumayan. Sony contohnya. Salah satu produknya yaitu Sony Xperia C yang hanya dibanderol Rp 2,9 jutaan ini, dianggap akan mampu menarik penggila smartphone untuk membeli dan mencobanya. Menurut Marketing Global Teleshop,  Silvy Novita, harga resmi ponsel itu sebenarnya Rp 3,4 jutaan. “Namun karena ada promo cash back senilai Rp 500.000, maka pembelinya hanya membayar Rp 2,9 jutaan,” terangnya.
Secara produk, lanjutnya, Xperia C merupakan produk untuk kalangan menengah. Dia hadir di pasar gadget Indonesia, akhir tahun lalu. “Hampir sama dengan smartphone lain, Xperia C sudah menggunakan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean) yang cukup handal dan mampu menampung berbagai aplikasi,” lanjut Silvy, sapaannya. Mulai dari Word yang kerap digunakan terutama para profesional. Sehingga dengan aplikasi tersebut, mereka tidak perlu repot menghadap komputer untuk mengerjakan tugas.
“Cukup dengan ponsel ini, digenggam, pekerjaan pun beres,” ungkap dia. Penggunanya juga akan sangat puas dengan spesifikasi perangkat berlayar 5 inci ini. Itu karena Sony menanamkan prosesor quad core. Mesin dengan kecepatan masing-masing 1.6 GHz ini siap melaju dengan sangat kencang. Namun dari sekian fitur tersebut, fitur kamera menjadi fitur andalan Sony Xperia C. Memiliki kamera utama 8 megapiksel, Xperia C setara dengan Samsung Galaxy Mega 5.8 ataupun LG G Pro Lite.
Namun begitu, hasil, jepretan Xperia C lebih bagus. Warna yang tampak pada hasil jepretan Xperia C lebih tajam, gambarnya juga lebih jernih. “Yang memabuat perangkat ini berbeda adalah ditanamkannya Sensor Exmor R, yakni mendapatkan cahaya lebih banyak dari sensor standar,” katanya. Selain itu, Sony juga menyediakan tombol shutter, yang sangat memudahkan pengguna untuk mengambil gambar, bahkan saat perangkat ini menjalankan aplikasi lain.
Pabrikan asal Jepang ini juga menanamkan berbagai fitur kamera pada Xperia C. Diantaranya adalah Portrait Retouch dan mendukung Self-Portrait Voice Guide. Fungsinya adalah memudahkan pengguna untuk mengoperasikan kamera.  Cukup dengan satu perintah, ponsel seketika akan mendeteksi wajah pengguna dan menjepret setelah posisi wajah pengguna sudah terdeteksi dengan baik. “Dari segi fitur dan spesifikasi, Xperia C ini tidak berbeda dengan perangkat smartphone berharga mahal. Kecepatannya pun dapat diandalkan,” tandasnya. (vik/mar)