Komplit dengan Scanner dan Fotokopi

MALANG – Epson terus mengklaim produk printernya irit tinta. Namun itu bukan satu-satunya kelebihan yang dimiliki Epson. Kelebihan lain yang dimiliki, Epson mampu menghadirkan printer yang multi fungsi. Salah satunya adalah L210. Printer yang dikenalkan sejak pertengahan 2013 lalu ini juga berfungsi sebagai perangkat scanner dan fotokopi. Tak ayal, dari beberapa seri L yang dikenalkan Epson, L210 merupakan printer paling laris, dan banyak diminati.
Marketing Basic Computer Lintang Oktavinia menjelaskan, Epson L210 merupakan printer seri L generasi kedua yang dikenalkan Epson. Sebelumnya, Epson mengenalkan seri L, yakni L100, L200 dan L300. Tentu saja, di generasi keduanya ini, Epson pun banyak melakukan pembaharuan. Di antaranya dengan ditanamkannya technology Ink Tank System.  Ink Tank Sistem merupakan teknologi yang dikembangkan Epson untuk memenuhi kebutuhan pasar.
“Jika printer lain masih menggunakan tinta infus rakitan atau modifikasi, tapi Epson pada seri L-nya sudah menggunakan teknologi Ink Tank System yang original. Ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengisi ulang tinta,” kata Lintang.
Tidak hanya mampu mencetak dengan hasil yang lebih bagus, dengan teknologi ini berdampak pada biaya cetak akan lebih murah. “Lebih irit, Rp 20 untuk cetak hitam atau Rp 35 untuk cetak warna,” tambahnya.
Dia pun merinci biaya cetak tersebut, yaitu satu botol tinta dijual harga Rp 69 ribu per botol. Satu botol tinta hitam ukuran 70 ml, mampu mencetak 4000 halaman hitam putih. Sedangkan untuk halaman warna, pengguna bisa mencetak hingga 6500 lembar, hanya dengan tiga botol tinta warna ukuran 70 ml.
Meskipun sangat biaya cetaknya sangat murah, kecepatan mencetak printer Epson L210 ini juga tidak perlu diragukan. Printer ini memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat, 6 ip (image per menit standar ISO) dengan kecepatan cetak dua kali dari model sebelumnya L 200.  Hasilnya pun sangat luar biasa. Resolusi dan tingkat kepadatan warna hingga 5760 dpi.
“Tulisan maupun gambar yang terlihat pada hasil cetakan betul-betul tajam, dan sangat halus,” kata Lintang yang mengatakan jika perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 1,95 juta. Dia juga mengatakan jika perangkat ini cocok untuk kalangan profesional, yang memiliki aktifitas cetak tinggi. Terlebih dengan adanya fungsi fotokopi dan scanner membuat kinerja para profesional semakin mudah. (vik/nda)