Second iPhone 5 masih diburu

Apple betul-betul harus berbangga, lantaran hampir semua produknya tidak lekang oleh zaman. Salah satunya adalah iPhone 5. Ponsel dengan layar 5 inci ini dikenalkan kali pertama pada Desember 2012 lalu. Namun begitu, ponsel ini masih tetap diminati, sekalipun Apple telah meluncurkan generasi barunya, yaitu iPhone 5s dan iPhone 5c.
Marketing Glory Cellular, Marvin Mario Hamzah menjelaskan,  tingginya minat pada produk iPhone 5 ini tidak hanya terjadi pada produk baru, tapi juga produk secondnya.  “Lumayan, banyak peminatnya. Terutama yang warna hitam,’’ kata Mario.
Memang bukan hal baru jika produk Apple banyak diminati. Salah satu alasannya adalah, perangkat ini mengusung berbagai teknologi yang handal, dengan bodi sangat elegan. “ iPhone 5 tersedia dalam tiga pilihan memori internal, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB, tapi yang banyak diminati justru perangkat dengan memori internal 16GB, karena harganya lebih terjangkau,’’ katanya. Sedangkan bodinya, perangkat ini dibalut dengan material kaca dan almunium, dengan ketebalan hanya 7,6 mm dan bobot 112 gram.

Sedangkan layarnya, Apple membubuhkan layar seluas 4 inci dengan rasio 16:9. Fisiknya memang terlihat memanjang dibandingkan dengan iPhone 4 atau 4s. Namun begitu untuk resolusinya, tidak perlu diragukan, yaitu 1136 x 640 piksel dengan kerapatan 326 piksel per inci (ppi). Termasuk saturasi warnanya terlihat lebih baik dibanding iPhone 4S karena menggunakan sistem rendering sRGB penuh.

Untuk dapur pacu, iPhone 5 dibekali prosesor system on chip (SoC) A6. Apple mengklaim prosesor A6 memberi performa dan kualitas grafis lebih cepat dua kali lipat dibanding prosesor A5 pada iPhone 4S. Apple telah membekali iPhone 5 dengan sistem operasi mobile iOS terkini, yakni versi 6.

Kamera belakang iPhone 5 dibekali sensor 8 MP dan bukaan lensa f/2,4. Peningkatan terbesar dari sisi kamera adalah kemampuan menangkap gambar yang lebih cepat. Kamera belakangnya mampu merekam video beresolusi 1080. “Untuk harga barunya, iPhone 5 masih kisaran Rp 8 jutaan untuk versi 16GB, Rp 9 jutaan untuk versi 32 GB, dan Rp 10 jutaan untuk versi 64 GB. Sedangkan untuk seconnya, Rp 6.5 juta untuk versi 16 GB, Rp 7.5 juta untuk versi 32 GB, dan Rp 8.5 juta untuk versi 64 GB,’’ tandas Mario.(vik)