Layanan BlackBerry ngadat lagi

Untuk kesekian kalinya layanan BlackBerry ngadat. Terakhir Selasa (4/3) lalu. Layana pesan singkat ini hampir tidak bisa digunakan sama sekali, baik itu dalam mengirim ataupun menerima pesan. Sejumlah operator pun angkat tangan dengan kondisi tersebut.
“Iya tadi malam memang ada touble untuk layanan BlackBerry. Tapi trouble bukan pada kita melainkan dari RIM, dan itu terjadi secara nasional, sekaligus menimpa semua operator,’’ Head of Corporate Communication Telkomsel Jawa Timur, Andik Setiawan.  
Pria yang kemarin dikonfirmasi via telepon ini menjelaskan ngadatknya BBM terjadi mulai pukul 20.00. Semula pihaknya menduga trouble tersebut terjadi hanya pada pengguna Telkomsel. Namun begitu, setelah dilakukan penelusuran, kondisi jaringan Telkomsel justru baik, dan setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata troublenya ada pada server RIM.
Namun begitu, Andik menegaskan trouble terjadi hanya untuk layanan paket BlackBerry saja. Sedangkan untuk pengguna BlackBerry 10 atau BBM Lintas Platform tidak mengalami gangguan apapun.
“Nah, kalau troublenya pada RIM saya tidak bisa menjawab. Tapi yang jelas untuk pengguna paket data Telkomsel tidak ada troble termasuk layanan BBM Android atau BBM iOS sangat lancar,’’ urainya.
Senada Regional Sales Operation Manager East Java 2 Suherlan, menjelaskan gangguan ini terjadi pada 87 persen pengguna layanan BlackBerry. Gangguan tersebut berupa keterlambatan untuk send atau reserved messege (email dan BBM), mengalami keterlambatan register device dengan provisioning RIM, dan ketiga terjadi kesulitan untuk mengakses data menggunakan BlackBerry Browser. “Dari update release resminya, memang tidak semua pengguna layanan BlackBerry mengalami masalah tersebut.  Saya mungkin salah satu dari 13 persen pengguna BlackBerry yang tidak ngadat. Karena semalam, saya cukup lancar mengirim atau menerima BBM, termasuk mengirim email,’’ urai pria berkacamata minus ini. Namun begitu, meskipun troublenya terjadi secara nasional dan hampir menyeluruh, pihak PT XL Axiata (XL) tetap meminta maaf kepada para pelanggan XL atas ketidak nyamanan tersebut.
Sementara Dept. Sales Area Malang-Area East Java PT Indosat  Erwiyati Sri Lestari juga mengatakan senada. Namun begitu, trouble tersebut telah teratasi siang kemarin.  “Iya, ada masalah pada RIM. Tapi sudah diperbaiki, sekarang layanan BlackBerry sudah berjalan lancar,’’ tandas wanita yang kerap disapa dengan nama Eri ini.
Sementara pihak BlackBerry sendiri kemarin sudah menyampaikan permintaan maafnya. Seperti yang dikutip di Detik.Net BlackBerry mengakui adanya trouble. , dan sudah melakukan perbaikan siang kemarin. Saat ini, layanan BlackBerry kembali normal.(vik)