Percaya Diri Usung OS Java

Asiafone AF971
MALANG – Di tengah banyaknya vendor global menciptakan ponsel berbasis Android, Asiafone justru setia dengan ponsel standart. Terbukti ponsel terbaru ciptaannya, yakni Asiafone AF791 tidak dibekali dengan sistem operasional layaknya smartphone. Sebaliknya, ponsel yang dikenal dengan nama Duo Maia ini hanya mendukung operating sistem Java.
Seperti  ponsel berbasis Java pada umumnya, perangkat ini hanya mengusung fitur-fitur standart. Tidak banyak aplikasi atau game yang dapat dimainkan pada perangkat ini. Kalaupun ada, baik aplikasi atau game tersebut hanya berformat Jar.
Meskipun minim aplikasi, perangkat ini tetap memiliki keunggulan. Diantarannya, minim terserang virus, dan kedua ponsel yang mengusung OS tersebut tidak gampang hang. “Ini salah satu keunggulan dari AF791 yang mendukung OS Java. Pengguna bisa memainkan game snake atau bubble tanpa khawatir ponsel hang, atau terserang virus,’’ katanya Marketing Hijau Cell, Achmad Fauzi.Namun begitu, karena memiliki OS yang sangat tertutup, pengguna pun tidak bisa bebas memasukkan aplikasi.
Sementara secara fisik, Asiafone AF791 ini tampak elegan. Material plastik yang membalut bodi ponsel disapu dengan warna-warna metalik. Ponsel ini juga hadir dengan bodi sangat tipis. Sehingga, banyak orang pun menduga, jika perangkat ini masuk jajaran ponsel kelas menengah.
Ponsel ini mengusung layar sentuh seluas 3.5 inci. Namun begitu, Asiafone juga melengkapi keypad dengan model qwerty. Kehadiran keypad tersebut akan memudahkan pengguna untuk menulis pesan singkat.  
Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera, serta mesin pemutar musik dengan format MP3, MP4, atau pemutar video dengan format 3GP. Perangkat ini juga mendukung fitur TV  Mobile. “Memory internalnya sangat kecil, namun bisa diperluas dengan memory eksternal hingga 8 GB,’’ katanya.
Dia juga menambahkan, sekalipun hadir dengan fitur standart, pengguna tetap bisa berinternet ria. Tentu saja, koneksi yang digunakan adalah jalur GPRS atau WAP. “Pengguna masih bisa browsing, atau membaca portal berita. Tentu saja, biaya untuk berselancar internet lebih murah dibandingkan dengan ponsel berbasis Android yang mengandalkan paket data,’’ tandas Fauzi.(vik/fia)