Unnggulkan Fitur Multimedia

MALANG – Banyak vendor  komputer menawarkan notebook dengan desain menarik. Namun begitu, tidak banyak vendor yang mampu menciptakan notebook dengan kualitas multimedia yang mumpuni. Salah satu vendor yang cukup sukses menghadirkan portable computer dengan fitur multimedia mumpuni adalah Lenovo.
Melalui produknya yakni Lenovo IdeaPad Y410P-4846, perusahaan berbasis di negara Cina, menawarkan notebook dengan kualitas multimedia yang handal. Prosesor Intel Core generasi ke empat Haswel, Core i7 4700HQ berkolaborasi dengan GPU Nvidia Geforce GT 750M memberikan sedikit gambaran kekuatan dari notebook ini.
Marketing Mbae Computer, Plaza Dieng, Novan Gebbyano menjelaskan detail tentang spesifikasi perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 12 jutaan ini. Menurut pria yang akrab disapa Gebby ini, kinerja perangkat ini sangat luar biasa. Prosesor intel core i7 dengan kecepatan masing-masing 2,4 Ghz, serta GPU Nvidia Geforce GT 750M dan RAM sebesar 8 GB DDR 3, siap menjalankan segala bentuk aplikasi dan melahap game keluaran terbaru dengan cukup mudah.
“Nvidia Geforce GT 750M memiliki performa GTX 660M. Spesifikasi ini mampu menjalankan game Mass Effect 3 hingga 37 fps dengan setingan high atau Dead Space 3 yang meraih hingga 40 fps,’’ katanya.
Gebby juga menjelaskan, perangkat ini memang tidak banyak dipromosikan untuk kemampuan gamenya. Tapi sebaliknya, perangkat ini diciptakan untuk kualitas multimedia, secara keseluruhan, tidak terkecuali dengan game 3D.
Performa oke tersebut kian menarik, lantaran Lenovo juga melengkapi perangkat ini dengan beberapa fitur multimedia sebagai penunjang. Seperti Premium JBL Speaker, dengan teknologi Dolby Home Theater v4, sengaja ditanam pada perangkat ini. Speaker JBL buatan perusaan Amerika ini mampu menciptakan suara lebih jernih. Bahkan, speaker tersebut mampu menghilangkan distorsi pada volume tinggi.
“Suara jernih tetap terdengar baik melalui speaker dengan grill metalnya ataupun headphone. Sehingga pengguna pun akan merasakan kepuasan saat mendengarkan musik, bermain game atau menonton film,’’ urai pria berambut gondrong ini.
Untuk kenyamanan, Lenovo juga membekali perangkat ini dengan Backlit Accutype Keyboard. Keyboard tersebut  tetap nyaman digunakan sekalipun dalam kondisi kurang cahaya.
Sementara secara desain, perangkat ini memang tidak terlihat biasa. Sesuai teknologi yang diusung, Lenovo juga mendesain perangkat ini dengan gaya sangat premium. Balutan bahan metal pada eksterior perangkat ini betul-betul memberikan kesan mewah.
Kelebihan lain yang diusung perangkat ini adalah adanya port USB Always-On. Port ini memungkinkan perangkat ini melakukan transfer daya pada perangkat lain, meskipun dalam kondisi mati. Teknologi ini memang belum banyak yang memiliki. Itu sebabnya, Gebby pun menyebut jika Lenovo IdeaPad Y410P-4846 merupakan notebook paket yang sangat lengkap. Baik performa, maupun desain dan fiturnya betul-betul sangat mumpuni. Bahkan, harga Rp 12 juta bukanlah harga mahal, untuk perangkat yang hadir dengan dua pilihan penyimpanan tersebut.
“Untuk konektifitas cukup lengkap, selain WiFi, Bluetooth versi 4.0, 2x USB 2.0 (one always on), 1x USB 3.0 SuperSpeed, perangkat ini juga dibekali dengan 6-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC, MS, MS-Pro), Headphone, Microphone, HDMI-out, dan VGA port (15-pin),’’ urai Gebby. Sedangkan baterainya, notebook ini dibekali dengan baterai 6 cell yang diklaim mampu memberikan tenaga hingga 5 jam.(vik/fia)